PB PON: Siapkan Sanksi Untuk 12 Atlet Terduga Doping

PON 2016 Jawa Barat
Jakarta - Ahmad Hadadi sekretaris Umum Panitia Besar Olahraga Nasional (PB PON) yang telah melakukan rapat koordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk PON 2016 Jawa Barat.

Sebelum menjatuhkan sanksi Ia juga menegaskan bahwa akan dilakukan verifikasi mengenai kebenaran hasil test tersebut untuk menentukan sanksi dan juga ada rumusan untuk bisa menetukan hukuman bagi atlet pengguna doping. Sidang ini bertujuan untuk mengetahui apakah atlet itu sedang sakit sehingga ia menggunakan obat-obatan tertentu atau secara sengaja untuk mendongkrak staminanya.

“ Kalau zat dopngnya itu berkaitan dengan obat penyakitnya misalnya mungkin itu juga akan membantu pertimbangan untuk menjatuhkan sanksi” sebut Hadadi.

Selain itu, jika memang para atlet itu benar benar dengan sengaja menggunakan doping maka pihaknya akan menindak dengan tegas.

“mulai dari penarikan medali sampai mengambil hak-haknya sebagai atlet. Termasuk pelarangan tampil maksimal sampai 4 tahun di berbagai event itu, termasuk PON 2020 di Papua jadi hukuman paling beratnya,” ungkap Hadadi.

473 sampel urine telah dikirimkan ke laboratorium Anti Doping Nasional India di New Delhi, sampel sampel ini berasal dari atlet peraih medali di PON 2016 lalu. Hasil otentik tes doping ini akan keluar di pecan pertama Desember 2016 ini setelah dikirim ke India sejak PON 2016 selesai September 2016 lalu.

Disamping itu semua ada sedikit kendala yang dihadapi oleh PB PON dan KONI pusat yaitu kewenangan untuk mengumumkan hasilnya belum bisa dilakukan meskipun ada informasi dari india ada 12 sampel yang terindikasi positif doping karena proses pembayaran test ini masih belum rampung.

“waktu pengiriman ini tidak boleh mundur karena ini menyangkut pembiayaan sehingga harus dipertanggungjawabkan. Kami ingin secepat mungkin untuk menutup masalah anggaran. Setelah itu baru dipertanggungjawabkan. Kami juga akan diaudit BPK sehingga harus segera,” pungkas Hadadi. (CNN Indonesia)

Related

Olahraga 143393653456292162

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item