Jelang Final Lawan Thailand, Alfred Riedl Memuji Semangat Juang Tim Merah Putih

Stefano Lilipally saat merayakan golnya ke gawang Vietnam. Foto: affsuzukicup.com

JAKARTA - Indonesia dan Thailand akan berhadapan pada Rabu, 14 Desember 2016 di Bogor, sebelum menuju Bangkok untuk leg kedua tanggal 17 Desember.

Timnas Indonesia berhasil mencapai babak final pertama kali dalam 6 tahun terakhir setelah menyingkirkan Vietnam di semifinal. Dimana tahun 2010 yang lalu Indonesia kalah dengan aggregat 4-2 dari Malaysia di final.

Sedangkan Thailand melaju ke final setelah mencukur Myanmar di Stadion Rajamangala dengan skor 4-0 (aggregat 6-0)

Kemenangan dramatis lewat perpanjangan waktu di Stadion My Dinh, Hanoi
membawa suka cita tersendiri bagi bangsa Indonesia, meskipun dihari yang sama Aceh diguncang gempa bumi yang diklaim merenggut 102 nyawa.

"No one was counting on us before the tournament, but here we are in the final (Tidak ada yang memperhitungkan kami sebelum turnamen, tapi sekarang kami sudah berada di final)," ujar Riedl mengatakan kepada situs resmi turnamen

"We never gave up, even though our opponents were stronger. When every player you bring on is doing a good job, it shows how strong the team spirit is. We needed a good result, achieved it, and are now in the final."
"Kami tidak pernah menyerah, meskipun lawan kami lebih kuat. Ketika setiap pemain yang Anda bawa bermain dengan baik, hal itu menunjukkan betapa kuatnya semangat tim. Kami membutuhkan hasil yang bagus, mencapai hal itu, dan sekarang sampai di final." Tambahnya.

Pria kebangsaan Austria mengakui bahwa timnya memang dipandang sebelah mata sebelum turnamen regional ini berlangsung.

Wajar saja karena Timnas Merah Putih kembali ikut turnamen Piala AFF Suzuki ini setelah sanksi larangan bermain FIFA dicabut pada bulan Mei.

Ketika Indonesia di tempatkan satu grup dengan juara bertahan Thailand, Singapura dan tuan rumah Filipina di Grup A, banyak pakar dan pengamat sepakbola memprediksi Indonesia bakal keluar lebih awal.

Tapi Indonesia menjawab semua keraguan tersebut. Pulih dari kekalahan 4-2 dari Thailand dalam pertandingan pembukaan. Indonesia menahan imbang Filipina 2-2 di Bocaue.

Dalam pertandingan terakhir, Indonesia mengirim pulang tim empat kali juara, Singapore dengan kemenangan 2-1 untuk memesan satu tempat di babak empat besar, berkat gol penentu dari Stefano Lilipaly.

Gelandang yang berdarah Indonesia-Belanda ini, yang juga mencetak gol pada Rabu malam, mengatakan kemenangan akhir leg pertama di kandang pada 14 Desember akan sangat penting.

"Kami merasa lebih kuat dalam pertandingan kandang... kami selalu bermain dengan 12 pemain. Adalah penting bahwa kami harus menang di kandang, dan di leg kedua kita akan lihat," kata Lilipaly, yang menuturkan bahwa golnya yang memberi Indonesia keunggulan melawan Vietnam sebagai "gol yang paling penting dalam hidupnya."

"Saya akan senang untuk mencetak gol lagi, tapi mungkin kali ini saya akan berusaha mencetak gol lebih baik lagi melawan Thailand," harapnya.

Final leg pertama akan dimainkan di Stadion Pakansari di Bogor Rabu depan sebelum kembali digelar di Rajamangala, Bangkok, tiga hari kemudian.
(RED | ESPN)

Related

Olahraga 7050013983988682957

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item