Tidak Dapat Bibit Padi, Kelompok Tani Palibelo Kecewa

Ilustrasi padi. Foto: google
KABUPATEN BIMA - Sebanyak 190 Kelompok tani yang tersebar di 12 Desa di Kecamatan Palibelo pada musim tanam Tahun 2016 ini, tidak bisa mendapatkan bantuan bibit padi bersubsidi dari pemerintah Kabupaten Bima. Anggota kelompok tani ini kecewa karena tidak adanya bibit padi yang mereka terima, padahal kelompok tani sudah mengumpulkan uang sebesar Rp2.500 per orang untuk mendapatkan satu kilo bibit bersubsidi tersebut.

Ketua kelompok tani Tolo Lendede Desa Teke Kecamatan Palibelo, Sirajuddin (62) yang dikonfirmasi Metromini menjelaskan, biasanya seperti tahun sebelumnya, pendistribusian bibit padi bersubsidi tersebut dilakukan secara door to door oleh masing-masing ketua kelompok, dan dibagikan sebelum musim tanam. Namun sampai saat ini, tidak ada informasi dari UPT Pertanian Palibelo tentang bibit tersebut, padahal petani sudah mengumpulkan uang agar bisa memperoleh bibit itu.

"Ini sangat merugikan petani karena tidak ada bibit yang akan ditanam. Sebenarnya kami berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban kami petani," ujarnya, Rabu (14/12/2016).

Informasi yang diterima kelompok tani, bahwa tahun ini ada bantuan bibit padi, namun entah apa kendalanya sehingga bibit itu tidak sampai ke tangan kelompok tani. informasinya ada kendala pada administrasi sehingga pembagianya belum juga dilaksanakan.

"Kami juga tidak mendengar kabar kalau ada bibit padi bersubsidi yang dijual di wilayah Palibelo," tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pertanian Kecamatan Palibelo yang hendak dikonfirmasi, belum berhasil ditemui karena tidak ada di kantor. Wartawan kemudian mencoba konfirmasi lewat telephone, namun nomornya tidak aktif.

Kepala BPP Kecamatan Palibelo, Hanafi menjelaskan, sebenarnya bukan masalah adminitrasi yang menyebabkan bibit padi tidak sampai ke tangan kelompok tani, melainkan masalah kurang koordinasi perusahaan yang menang tender dengan UPT Pertanian dan Dinas Pertanian Kabupaten Bima. Kalau masalah administrasi sudah lama beres," bebernya. (RED )

Related

Kabar Rakyat 5709894881825242734

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item