Cemburu, Jadi Alasan Wanita Hobi Belanja

Ilustrasi wanita sedang belanja. FOTO: okezone.com/GOOGLE
KOTA BIMA - Wanita dan belanja, adalah dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Terlebih musim diskon adalah hal yang paling membahagiakan bagi mereka. Dompet yang jebol bukanlah sesuatu yang perlu diperhatikan saat belanja.

Dalam riset yang dilakukan oleh Xun Huang, PhD yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology, menunjukan bahwa alasan utama wanita berbelanja adalah rasa cemburu.

Baca juga: Ternyata Hanya Butuh 5 Detik untuk Menyelesaikan Pertengkaran dengan Pasangan

Seperti dilansir dari laman CNNIndonesia, Rabu (25/1/2017), Huang awalnya hanya ingin mencari tahu kaitan antara perilaku pasangan dan kebiasaan berbelanja.

Namun, dia menemukan sesuatu yang menarik di pertengahan studi. Bahwa wanita yang merasa cemburu, akan lebih banyak lagi membeli barang-barang mewah, untuk menarik perhatian pasangannya.

Merasa tertarik dengan hasil temuannya, Huang melakukan lima studi lanjutan. Dia menemukan bahwa saat cemburu meningkat maka wanita akan membeli barang-barang berwarna cerah dan produk desainer secara impulsif.

“Ketika perasaan iri atau cemburu meningkat, wanita biasanya lebih banyak membeli barang-barang berwarna cerah, seperti merah, atau produk berlabel desainer,” ungkap Huang.

Selain cemburu pada pasangan, rasa cemburu atau rasa iri pada saudara, teman atau rekan sekerja juga menjadi objek penelitian Huang.

“Rasa cemburu itu meningkatkan keinginan berkompetisi, sehingga memicu hasrat membeli sesuatu secara kompulsif,” lanjut Huang.

Huang juga menjelaskan bahwa partisipan yang merasa iri, akan lebih tertarik membeli barang dengan detail meriah yang bisa menarik perhatian.

“Tapi, mereka akan menempatkan barang tersebut di lokasi yang mudah terlihat orang lain,” sebut Huang.

Yang juga menarik adalah bahwa rasa cemburu bisa mengalahkan malu. Bahwa mereka yang merasa cemburu, menurut Huang, tidak akan malu mengenakan barang yang sebelumnya dianggap norak, demi terlihat lebih atraktif. (RED | CNNINDONESIA.COM)

Baca juga:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item