Sebaiknya Jangan Menulis 5 Hal ini di Facebook

Facebook. FOTO: baokhanhhoa.com.vn/GOOGLE
KOTA BIMA - Facebook saat ini sudah menjadi media sosial terbesar abad ini. Beberapa informasi tentang data pribadi pengguna juga sudah masuk ke dalam database Google. Bila dirasakan tidak perlu, sebaiknya tidak mem-posting hal tersebut ke halaman Facebook.

Pengaturan privasi sangat penting, hal ini untuk menjaga keamanan saat berinteraksi dan berjejaring dengan teman-teman di Facebook. Beberapa aplikasi jahat yang bertebaran di internet juga menjadi penyebab tidak amannya akun Facebook.

Baca juga:

Untuk menjamin keselamatan dari orang berniat jahat, ada baiknya tidak mem-posting informasi penting ke Facebook. Berikut beberapa informasi yang seharusnya tidak di-posting ke Facebook dan media sosial lainnya, seperti dikutip dari liputan6.com, Rabu (25/1/2017)

Tanggal lahir Anda dan keluarga

Beberapa orang merasa begitu senang saat mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari teman-teman di Facebook. Hal ini terkesan bahwa banyak orang yang peduli dengan hari kelahiran Anda.

Menurut laman About Technology, mencantumkan tanggal lahir di Facebook adalah jalan bagi hacker untuk mencuri identitas pribadi seseorang. Solusi terbaik adalah cukup mencantumkan saja tahun kelahiran di halaman informasi pribadi Facebook.

Status hubungan

Para ahli keamanan cyber menyarankan agar pengguna internet tidak mencantumkan status hubungan di akun media sosial mereka. Hal ini menjadi sinyal bagi para penguntit mengetahui apakah Anda memiliki pasangan atau tidak.

Bila status yang dimunculkan di Facebook 'singel' hal ini menandakan Anda sedang sendiri. Hal itu sama seperti memberikan seseorang kesempatan untuk berniat jahat karena diketahui Anda sendiri saja.

Informasi keberadaan Anda

Fitur yang ada di Facebook seperti location tagging disukai oleh pengguna. Dengan fitur tersebut, memungkinkan orang lain tahu di mana Anda berada. Dengan memberikan informasi tersebut di internet, sama halnya Anda memberikan informasi bahwa Anda sedang berlibur dan bukan di rumah.

Memberikan informasi berapa lama Anda di luar rumah, juga dapat dimanfaatkan oleh pencuri untuk mengetahui waktu yang mereka miliki untuk merampok rumah Anda. Bila ingin meng-upload foto liburan, disarankan bila Anda sudah tiba di rumah.

Informasi kesendirian

Orangtua khususnya, tidak ingin orang lain tahu bahwa anak-anaknya sedang sendirian di rumah tanpa mereka. Sangat tidak disarankan memberikan informasi di status Facebook bahwa Anda 'sendirian saja' di rumah.

Karena kebanyakan pengguna Facebook tidak mengenal temannya, dikhawatirkan ada orang yang berniat jahat datang ke rumah Anda. Sangat disarankan untuk tidak menulis status apapun yang tidak ingin orang asing mengetahuinya.

Foto dan nama anak

Banyak dari orangtua mem-posting nama dan tanggal lahir anak mereka ke Facebook, sesaat setelah melakukan persalinan di rumah sakit. Tidak lupa pula, biasanya pengguna akan meng-upload gambar anak-anak mereka dan men-tag-nya ke teman-teman, saudara serta kerabat mereka. Hal ini justru membuka kesempatan bagi orang jahat untuk menculik anak Anda.

Dari informasi yang mereka kumpulkan, mereka dapat membangun kepercayaan kepada pihak rumah sakit, dengan menggunakan nama anak Anda serta nama-nama kerabat dan teman-teman Anda

Oleh karena itu, informasi identitas pribadi seperti nama lengkap dan tanggal lahir anak sebaiknya tidak disetakan dalam keterangan foto yang Anda upload. Begitu juga, tidak disarankan tag foto anak ke teman-teman atau kerabat Anda. (RED | LIPUTAN6.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item