Stres Dalam Pekerjaan Bisa Picu Kanker

Ilustrasi stres dalam bekerja. FOTO: liputan6.com/GOOGLE
KOTA BIMA - Penyebab penyakit kanker dapat disebabkan oleh berbagai hal. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa pekerjaan yang menyebabkan stres kronik bisa memicu kanker.

Pekerjaan yang memiliki tingkat stres yang tinggi, lebih rentan menjadi penyebab kanker pada pria. Seperti dikutip dari Kompas Health, Kamis (19/1/2017), ini merupakan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Preventive Medicine.

Para peneliti melakukan penelitian pada 3.103 orang pria yang terdiagnosis kanker. Sebagai kelompok kontrol, mereka memilih 512 orang pria sehat.

Dibandingkan dengan pria yang kondisi pekerjaan tidak stres, ternyata pria yang mengaku mengalami stres jangka panjang karena pekerjaannya cenderung didiagnosis kanker. Beberapa penyakit kanker yang muncul antara lain kanker paru, kolon, rektum, dan juga perut.

Menerut penelitian tersebut, bahwa rentang waktu terpapar stres kerja yaitu 15-30 tahun menjadi penyebab munculnya risiko kanker pada pria.

Baca juga:

Beberapa pekerjaan yang disebutkan dalam penelitian tersebut antara lain pemadam kebakaran, insinyur industri, insinyur penerbangan, ahli mekanik, serta pekerja perbaikan kendaraan dan kereta api. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dinilai memiliki tingkat stres paling tinggi.

Walau begitu, penyebab stres pekerjaan bukan hanya dalam masalah profesi saja. Para partisipan penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang juga menjadi penyebabnya, seperti tuntutan yang tinggi, waktu, masalah keuangan, merasa tidak aman dengan pekerjaan, serta lingkungan pekerjaan yang dekat bahaya. (RED | KOMPAS.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item