Ada Si Bolang di Bumi Pajo Donggo

Proses Casting Program acara TV Si Bolang Trans7, di Desa Bumi Pajo, Kec. Donggo, Kab. Bima, Kamis, 23 Maret 2017. METROMINI/Agus Mawardy

KABUPATEN BIMA - Bagi sejarawan, budayawan, penikmat alam dan yang suka Durian dan doyan menyerumput kopi, Desa Bumi Pajo Donggo menjadi destinasi favorit yang wajib dikunjungi.

Hutannya yang masih asri dengan misteri sejarah yang masih terkubur di dalamnya, menjadi 'candu' bagi para peneliti yang interest dengan sejarah lampau Donggo, Bima dan Dompu.

Ada makam kuno yang diyakini sebagian orang sebagai makamnya Maha Patih Gajah Mada, Ada Wadu Tunti, Oi Mbani dan sejumlah peninggalan kuno lainnya yang masih terjaga dengan baik di antara hutan belantara Bumi Pajo.

Belum lagi warisan budaya yang terus dilestarikan turun temurun oleh masyarakat Bumi Pajo, Kecamtan Donggo, Kabupaten Bima.

Pada episode dua trip Si Bolang akhir Maret 2017 ini, Team Si Bolang Trans7 berusaha mengangkat kembali warisan leluhur Masyarakat Donggo dalam layar kaca TV Nasional Trans7.

"Tradisi dan potensi itu dikemas dalam kacamata anak agar kelak tidak akan tergerus begitu saja oleh perkembangan zaman.dan hari Kamis (23/3/2017) hingga Minggu, 26 Maret 2017  (HUT Si Bolang yang ke 11), team akan melakukan peliputan di Desa Bumi Pajo," ujar Ihsan Iskandar, Kontributor Trans7 wilayah Bima kepada Metromini, Kamis, 23 Maret 2017.

Kata Ihsan, ada 14 item kegiatan yang akan diperankan oleh sekitar 5 anak Bumi Pajo pada episode ini.

Diantaranya adalah tradisi memancing ikan masyarakat Bumi Pajo yang menggunakan ekor kuda sebagai tali pancing, dan akar lawang sebagai kail pancingnya.

"Hari ini, team melakukan casting untuk memilih para pemeran Si Bolang dari Bumi Pajo," tutup dia. (RED)

Baca juga: Si Bolang Trans7 Explore Pesona Pantai di Lambu

Related

Pendidikan 1267680763197855500

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item