Evegeniy Bogachev, The Most Wanted Cybercriminal in The World

Evegeniy Mikhailovich Bogachev. FOTO: Dok. FBI/GOOGLE

SERBA-SERBI - Evegeniy Mikhailovich Bogachev adalah salah satu nama yang dirilis Biro Invesitgasi Federal Amerika Serikat (FBI). Bogachev masuk sebagai 'The Most Wanted Cybercriminal in The World'.

Bogachev adalah seorang hacker yang paling dicari karena sejumlah aksi hacking yang membuat kerugian hingga jutaan dolar. Ia juga bahkan mampu mengontrol sedikit ratusan ribu komputer.

Namanya mulai mencuat sejak malware mematikan yang diberi nama GameOver Zeus telah menginfeksi sejuta komputer. Namun, tahun 2014 silam malware itu berhasil dilumpuhkan.

New York Times menuding Bogachev sebagai hacker yang juga berafiliasi dengan intelejen Rusia.

Saat Pemilihan Presiden AS lalu, dia juga disebut-sebut sebagai salah satu ‘otak’ di balik tudingan peretas yang memengaruhi hasil suara, yang kemudian dimenangkan oleh Donald Trump.

"Evgeniy Mikhailovich Bogachev, menggunakan nama samaran 'lucky12345' dan 'Slavia', yang dicari karena keterlibatannya dalam sebuah perusahaan pemerasan dan pembuatan perangkat lunak berbahaya, yang dikenal sebagai 'Zeus' pada komputer korban," tulis pihak FBI, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (15/3/2017)

Software ini dapat mengumpulkan berbagai informasi mengenai nomor rekening bank, password, nomor identifikasi pribadi, dan informasi lainnya yang Diperlukan untuk login ke akun online banking.

“Penyelidikan dimulai pada tahun 2011, saat dia membuat malware bernama Zeus yang kemudian berubah GameOver Zeus. Kami percaya itu telah menginfeksi sejuta komputer, dan menyebabkan kerugian hingga US$ 100 juta lebih,” kata pihak FBI.

Sejak menjadi incaran FBI, Bogachev selalu berganti-ganti nama dengan aksi kejahatan siber yang meresahkan. Dan uang menjadi alasan dari banyak aksinya.

Ia mulai dilirik dan menjadi pembahasan media-media sejak namanya dirilis oleh FBI. Kehidupan pribadinya mulai diketahui publik, seperti kehidupan mewah yang dijalaninya.

Dengan uang hasil kejahatannya, ia gunakan untuk berfoya-foya dan membeli beberapa barang mewah. Bahkan, Bogachev diketahui memiliki dua Villa di Perancis, dan salah satu di antara mobil mewah yang dimilikinya adalah Jeep Grand Cherokee. (RED | CNNINDONESIA.COM)

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item