Tiba-tiba Listrik Padam, Ini Penyebabnya

Putusnya kawat pengantar listrik di Lingkungan Bonto, Kelurahan Kolo, Kota Bima, Mingg (19/3/2017) menyebabkan pemadaman di sebagian area pasokan listrik PLN. METROMINI/Ihsan Iskandar
KOTA BIMA - Mencuatnya keluhan pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN), akibat pemadaman yang sering terjadi seperti, Sabtu (18/3/2017) kemarin malam dan pemadaman di waktu-waktu sebelumnya yang sifatnya mendadak, kerap kali pasca pemadaman, keluhan warga yang cenderung emosional sering didengar. Bahkan ada yang menuangkannya dalam status di akun sosial media yang dimiliki pelanggan dengan nada sindiran kepada PLN.

Biasanya, pihak PLN berusaha untuk memberitahukan lebih awal bila ada pemadaman listrik yang terjadi di Kota atau di wilayah Kabupaten Bima. Pola dan cara pemberitahuannya pun masih dilakukan secara tradisional. Di titik-titik rumah ibadah seperti langgar/mushola/mesjid pada lokasi yang akan terjadi pemadaman.

Biasanya juga, manajemen PLN sengaja memberikan lembaran pengumuman untuk dibacakan oleh marbot mesjid usai atau sebelum sholat berjamaah. Isi pengumuman tersebut adalah jadwal waktu dilakukannya pemadaman bergilir dan estimasi perkiraan listirk kembali dinyalakan.

Menanggapi keadaan tersebut, Jeffri Husni, Manajer PLN Area Bima yang dihubungi Metromini via handphone menjelaskan, pemadaman yang dilakukan PLN yang tanpa pemberitahuan itu terjadi karena adanya faktor ekternal yang bersifat exsidental (tiba-tiba).

Seperti yang terjadi pada Sabtu malam kemarin, pemadaman terjadi akibat seekor kelelawar yang tersentuh kabel listrik PLN di jalur Bima Sape.

"Kalau penyebab terhentinya pasokan listrik pada Sabtu malam kemarin itu akibat adanya binatang yang hinggap menyentuh di dua kawat penghantar di lokasi antara Sape dan Kota Bima," terang Jeffri, Minggu (19/3/2017).

Tidak hanya pada Sabtu malam kemarin, terhentinya pasokan listrik itupun terjadi pada Minggu (hari ini, Red) sore tadi di sejumlah wilayah Kota dan Kabupaten Bima.

Menurut Jeffri, derasnya hujan dan kencangnya angin tang melanda beberapa wilayah di Kota dan Kabupaten Bima, menjadi permasalahan yang sama penyebab terputusnya pasokan listrik di sebagian area di Bima.

"Kalau sore ini akibat putusnya kabel listrik yang berada di wilayah sekitar Bonto Kota Bima akibat pohon tumbang dan angin kencang," ujar Jeffri.

Lebih lanjut Jeffri berharap, agar masyarakat Kota dan Kabupaten Bima bisa memaklumi dan mempercayakan PLN dalam menyelesaikan permasalahan terputusnya aliran listrik tersebut.

"Ini saya lagi mengawasi langsung pekerjaan perbaikan kabel listrik di wilayah Bonto," tutup dia, Minggu sore tadi kepada Metromini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 452108039667101511

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item