MDMC Fasilitasi dan Lantik TSBK di Monggonao



MDMC Fasilitasi dan Lantik TSBK di Monggonao, Senin, 22 Mei 2017. METROMINI/Firmansyah, ST
KOTA BIMA - Kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan oleh Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) selama lima bulan di Kota Bima. Dalam mewujudkan Program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Komunitas untuk Kegawatdaruratan dan kebencanaan atau diistilahkan dengan Hospital Preparedness and Community Readiness For Emergency and Disaster (HPCRED). 


Hari ini (Senin, 22 Mei 2017), MDMC menggelar pelantikan Komunitas di Kelurahan Monggonao yang terdiri dari perwakilan unsur masyarakat, pemerintah dan dunia usaha, bermufakat membentuk Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Kelurahan Monggonao. 

"Program Pendampingan tersebut merupakan kerjasama MDMC dengan DFAT Australia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima dan Dinas Kesehatan Kota Bima," ujar, Budi Santoso, Wakil Program Manager Hpcred - MDMC, di Kantor Kelurahan Monggonao, Kecamtan Mpunda, Kota Bima, Senin, 22 Mei 2017 pagi.


Budi Santoso, Wakil Program Manager Hpcred - MDMC. 
METROMINI/Dek
Menurut Budi, TSBK di Kelurahan Monggonao dilatarbelakangi setelah melalui kajian risiko dan analisis sejarah bencana oleh komunitas di Kelurahan Monggonao disebabkan daerah tersebut memiliki potensi ancaman bencana banjir, kebakaran dan gempa bumi. 

"Potensi ancaman bencana tersebut menyadarkan komunitas yang ada di Monggonao untuk bertemu, berdiskusi dan bergerak melakukan perencanaan penanggulangan bencana melalui wadah Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK)," papar dia. 

Ia mengatakan, keberadaan TSBK di Kelurahan Monggonao akan selalu mendorong kesiapsiagaan dan kesiapan masyarakat khsuusnya di Kelurahan Monggonao untuk sadar akan ancaman bencana dan tahu cara untuk selamat. 

"Keberadaan dan keberfungsiaan TSBK ini menjadi menarik karena melibatkan RS PKU Muhammadiyah Bima dalam organisasi TSBK. Tim Medis RS berperan dan berfungsi sebagai perencaana kebutuhan kesehatan Pra-Saat dan Pasca Bencana," jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, Program Pendampingan Masyarakat Tangguh Bencana oleh MDMC tidak hanya bagi Komunitas masyarakat di Kelurahan Monggonao, akan tetapi juga di Kelurahan Nae dan Pane. 

"Setelah Pelantikan tersebut, TSBK Monggonao akan merumuskan perencanaan kegiatan Pengurangan Risiko Bencana Ke depan. Kegiatan yang sama juga nantinya akan di gelar di Kelurahan Pane dan Kelurahan Nae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima," tutup Budi dalam rilisnya ke media ini. (RED | ADV)

Baca juga:






Related

Kabar Rakyat 7187835271322568886

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item