Sanggar Kenangan Mejuarai Gantao dan Hadrah di Pameran Budaya Mbojo


Group Hadra Sanggar Kenangan. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Kerukunan Masyarakat Hukum Adat Nusantara (KERMAHUDANTARA) Bima dalam rangka melestarikan seni dan budaya Bima (Mbojo-red), selama satu pekan mulai tanggal 18-24 Mei 2017 menggelar Pameran Budaya Mbojo. 

Acara itu menampilkan berbagai macam lomba seperti Gantao (Pencak Silat daerah Bima), Group Hadra, dan lomba cerita rakyat maupun yang lainnya. Acara itu pun dilaksanakan di pelataran dan halaman Museum Asi Mbojo-Bima. 

Pertunjukkan Gantao dari Sanggar Kenangan.
METROMINI/Dok
Dalam nominasi Perlombaan Gantao, untuk pemenangnya di raih oleh Sanggar Kenangan. Sanggar ini adalah kelompok seni dan budaya asal Desa Tangga, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima. Saat ini Sanggar Kenangan berada di bawah asuhan, Irfansyah, ST (Ketua) dan Wakilnya, Lukman, S.Pd. 

Selain Gantao, Irfansyah mengaku, Sanggar Kenangan juga menjuarai Group Hadrah. Sedangkan prestasi lainnya adalah pihaknya meraih juara ke tiga  untuk mata lomba cerita rakyat.

Kata dia, Festival dan Pameran Budaya Bobo yang dilaksanakan oleh KERMAHUDANTARA, semestinya harus menjadi kegiatan rutin per tahunnya. Sebab, kata dia, dalam rangka melestarikan seni dan budaya Daerah Bima penting disiapkan momentum baik berupa pergelaran maupun perlombaan.

"Tujuannya yaitu dalam rangka menghidupkan kembali nilai-nilai kesenian dan kebudayaan di daerah ini. Dan juga, kegiatan ini sebagai ajang mempertunjukkan kepada khalayak laur bahwa Bima penuh dengan seni dan budaya yang memukau," ujar dia, dalam rilisnya, Jum'at (26/5/2017) malam.

Menurut dia, dalam mempertahankan nilai-nilai budaya kita yang cenderung ketimuran dan bercorak Islam. Sudah sepatutnya pula, sanggar-sanggar seni dan budaya dihidupkan tiap Kecamatan bahkan bila perlu hingga ke desa. 

"Keberadaan sanggar seni dan budaya akan menjadi penting keberadaannya di pelosok daerah, dalam rangka memperkenalkan generasi akan ragam kekayaan budaya dan khazanah kesenian Bima yang Islami," tutup dia. (RED)

Berikut Video Gantao dari Sanggar Kenangan:



Related

Kabar Rakyat 7060140601583138542

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item