Petani Bawang Merah Asal Lambu Gelar Demonstrasi hingga Ricuh Karena Anjloknya Harga

Aksi petani akibat anjloknya harga bawang merah di depan DPRD Kabupaten Bima, Senin, 17 September 2018 lalu. GOOGLE/ www.detik.com
KABUPATEN BIMA - Harga Bawang Merah di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) alami penurunan drastis dari Rp15.000 menjadi Rp3.000/kg. Akibatnya petani menjerit dan meminta kepada pemerintah setempat untuk menstabilkan harga. 

Petani bawang yang berasal dari Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima itu menganggap, harga bawang merah saat ini tidak sebanding dengan harga produksi, sehingga menyiksa petani. 

Permintaan untuk menstabilkan harga pun dilakukan dalam bentuk aksi Damai yang digelar oleh Aliansi Rakyat Tani Lambu (ARTAL) di depan kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima dan juga di depan kantor DPRD Kabupaten Bima, Senin (17/9/2018) lalu. 

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 tahun 2017 tentang penetapan acuan harga bawang merah, harga bawang memiliki spesifikasi. Mengacu pada Permendag ini, harusnya Dinas Pertanian mengambil langkah strategis untuk mengatasi masalah petani. 

"Harga bawang sekarang sampai tiga ribu per kilo. Harusnya tidak seperti ini, pemerintah harus bisa stabilkan harga," tuntut salah seorang petani Bawang yang juga massa ARTAL, Yosep.

"Harga bawang sekarang, tidak sebanding dengan harga produksi. Kasihan petani, merintih sekarang pak," serunya. 

Demo kala itu pun sempat tegang. Pasalnya, seorang massa aksi diduga menghina institusi kepolisian saat berorasi. 

Merasa dihina, Polisi yang berjaga jalannya aksi bergerak dan mengamankan orator tersebut. 

Suara tembakan peringatan ke atas, juga sempat dikeluarkan aparat untuk memecah kerumunan massa. Alhasil, satu orang diamankan karena diduga telah menghina institusi kepolisian dengan menyebut nama binatang dan antek asing. (RED)

___________
Berita ini sudah dirilis pada situs www.detik.com, dengan juful berita, "Harga Bawang Merah Anjlok, Petani di Bima Demo hingga Ricuh".

Related

Kabar Rakyat 1564431551041677573

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item