Diskominfo Gelar Bimtek Empat Aplikasi Elektronik Tentang Perijinan, Hibah Bansos, Surat Disposisi dan Nota Dinas di Lingkup Pemkot Bima

Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Syarif Hidayatulah, SH, MM. METROMINI/Dok
KOTA BIMA -  Kabid Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima, Syarif Hidayatulah, SH, MM mengatakan, pihaknya sedang melaksanakan kegiatan pelatihan selama selama dua hari dalam persiapan untuk mengoperasikan empat aplikasi elektronik yang akan diberlakukan di lingkup Pemerintah Kota Bima.

Kata dia, pelatihan atau Bimbingan tehnis (Bimtek) yang dilakukan di aula kantor Pemkot Bima ini dilaksanakan sejak hari Senin, 3 Desember 2018 dan akan berakhir hari Selasa, 4 Desember 2018 dengan peserta diwakili masing-masing perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Kota Bima. 

Menurutnya, untuk materi pelatihan difokuskan pada cara penggunaan dan pengoperasian dari empat aplikasi elektronik yang meliputi aplikasi e-Perijinan, e-Hibah Bansos, e-Surat Disposisi dan e-Nota Dinas.

"Ada empat jenis aplikasi elektronik yang sedang diberikan pelatikan kepada masing-masing perwakilan OPD di aula Wali Kota Bima selama dua hari. Empat aplikasi ini yaitu meliputi e-Perijinan, e-Hibah Bansos, e-Surat Disposisi dan e-Nota Dinas," sebut Syarif, di aula Pemkot Bima, Senin (3/12/2018).

Ia mengatakan, untuk aplikasi yang sedang disosialisasi dan diajarkan cara pengoperasiannya ini, diharapkan seluruh perwakilan OPD yang mengikuti kegiatan ini bisa memahami dan menjalankannya pasca bimtek ini digelar. 

Untuk itu, kata dia, kegiatan bimtek ini pun dapat secara maksimal diserap dan dipahami oleh para peserta. Sehingga, setiap OPD sudah bisa mengoperasikan aplikasi yang telah ada ini, demi memaksimalkan atau mempermudah pelayanan bagi masyarakat di Kota Bima.

"Kami sangat berharap, selepas Bimtek, 4 aplikasi elektronik pelayan ini sudah dikuasai oleh para peserta. Sehingga dalam implementasinya nanti, bisa maksimal dilakukan di tiap-tiap OPD. Hal ini, tentunya berpengaruh juga pada pola melayani kebutuhan masyarakat yang lebih efektif dan modern untuk ke depannya nanti," jelas dia.

Menurutnya, aplikasi ini dapat mempermudah, membantu dan mempercepat pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat. Bahkan, dengan hadirnya empat aplikasi elektronik ini, bisa membantu Tugas, Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing OPD yang ada di lingkup Pemkot Bima.

"Kami berharap, empat aplikasi elektronik ini. dalam implementasinya nanti dapat mempermudah pekerjaan maupun Tupoksi masing-masing OPD. Terutama saat memberikan pelayanan kepada masyarakat nantinya," ujarnya. 

Selain itu, ia menambahkan, dalam perkembangan dan kecanggihan tekhnologi saat ini. Pemerintah dituntu agar bisa memaksimalkan pemahaman dan kualitas SDM dalam aspek pengetahuan tehnologi. 

"Untuk itu kami di Diskominfo tetap melaksanakan Bimtek terkait dengan penguatan SDM dalam rangka terwujudnya kualitas ASN yang mampu menguasa tehnologi dan paham dalam mengoperasikan aplikasi pelayanan berbasis elektronik di masing-masing OPD," kata dia. (RED | ADV)

Related

Pemerintahan 7166858614542818342

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item