Di Bawah Tangan Kreatif Hj. Nurmah, SMPN 1 Kota Bima Membuka Kelas Bertaraf Internasional

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bima, Hj, Nurmah, S.Pd, M.Pd. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Kepala SMP Negeri 1 Kota Bima, Hj, Nurmah, S.Pd, M.Pd mengatakan, geliat dan gebrakan dalam rangka meningkatkan kualitas ajar dan pendidikan di SMPN 1 Kota Bima terus dilakukan. Sebagai Sekolah Menengah Pertama yang kualitas pendidikannya telah bertaraf nasional, Nurma mengaku, pihaknya tetap berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan hingga bertaraf internasional. 

"Dan Alhamdulillah, cita-cita dalam rangka menciptakan standarisasi sebagai sekolah bertaraf Internasional, SMPN 1 Kota Bima telah membuka kelas internasional. Dan pembukaan kelas internasional ini difasilitasi oleh Lembaga FLI (Foreign Language Institute) Bima," ungkap mantan guru bidang studi Matematika dan mantan Kepala SMPN 6 Kota Bima itu, Kamis, 14 Maret 2019.

Ia mengatakan, berkat kehadiran Lembaga FLI Bima, akhirnya pembukaan kelas internasioanl khusu dalam mata pelajaran bahasa inggris telah terjalin atau bekerjasama dengan kedutaan Amerika. Hal ini, diungkapkan senada pula oleh Direktur FLI Bima, Sahruna,SS.

"Pembukaan kelas internasional untuk mata pelajaran bahasa inggris telah bekerjasama dengan pihak kedutaan Amerika. Dan lembaga FLI merupakan lembaga yang menghubungkan langsung antara Kota Bima dengan kedutaan Amirika Serikat," ucap Sahruna.

Kepala dan segenap jajaran tenaga pendidik di SMPN 1 Kota Bima dalam sebuah pergearan padura beberapa waktu yang lalu. METROMINI?Dok
Kata dia, gebrakan jajaran SMPN 1 Kota Bima dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan sangat luar biasa. Ketua Komite di SMPN 1 Kota Bima itu pun mengatakan, untuk membuka kelas internasional ini tidak mudah. Sebab ada beberapa persyarat yang harus dipenuhi oleh pihak sekolah, terutama dalam bidang kualias ajar dan juga kualitas sumber daya pengajarnya. 

"Dan ternyata syarat dari pihak mitra untuk menghadirkan kelas internasional di SMPN 1 Kota Bima sudah dipenuhi. Seperti kuliatas ruang belajar atau kelas yang bertaraf atau sudah berstandar intetnasional seperti ruangan ber-AC, Kepala Sekolah yang harus seorang magister dan terutama juga jajaran pengajarnya di bidang sains yang dituntut harus strata dua (S2)," beber dia. 

Dia menjelaskan, untuk predikat akreditasi di SMPN 1 Kota Bima sudah A plus. Modal ini, tentu saja akan sangat mempermudah SMPN 1 Kota Bima untuk membuka kelas internasional. Dan dalam kelas ini, nanti akan dilaksanakan program belingual, di mana guru harus mengajar dengan menggunakan bahasa inggris.

"Dan dalam mensukseskan program kelas internasioanla ini, Lembaga FLI akan terus melakukan pembinaan kepada para siswa dan juga mengupgrade kualitas para pengajar agar bisa memenuhi standarisasi sebagai guru yang bertaraf internasional. Di mana saat mengajar, guru mengajari muridnya dengan menggunakan bahasa inggris," jelas Sahruna.

Kembali ke Kepala SMPN 1 Kota Bima, dalam embuka kelas internasional ini, sudah pula didukung oleh SK dari Dinas Dikbud Kota Bima dan juga SK dari Wali Kota Bima yang akan diterbitkan dalam waktu dekat ini. Setelah SK Wali Kota dikantongi, kata Nurmah, selanjutnya akan dilaksanakan acara launching dengan atas telah dibukanya kelas internasional di SMPN 1 Kota Bima.

"Sungguh menghadirkan kelas internasional merupakan mimpi besar kami selama ini di SMPN 1 Kota Bima. Dan alhamdulillah, mimpi itu pun kini akan terwujud. Setelah beberapa tahapan proses dan perjuangan panjang yang dilakukan. Dengan bangga di Kota Bima sudah ada sekolah yang kelasnya sudah berstandar internasional," ujarnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Bima itu menambahkan, selain peningkatan siswa dalam pendidikan bahasa inggris dengan dibukanya kelas internasional,. ke depan juga sedang diupayakan untuk hal yang sama dalam mata pembelajaran bahasa arab. 

"Pentingnya mata pelajaran bahasa arab untuk dihadirkan di SMPN 1 Kota Bima dalam rangka menyeimbangkan dan mewujudkan satu tujuan dan visi sekolah SMPN 1 Kota Bima yaitu sekolah yang religius dan juga berprestasi," tutup Nurmah. (RED | ADV)

Related

Pendidikan 7768042649516804361

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item