Habiskan Anggaran, Rumah Aspirasi di Kelurahan Tidak Berfungsi Maksimal

Kondisi Rumah Aspirasi Penatoi.METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Keberadaan  bangunan rumah aspirasi dibeberapa kelurahan yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bima tidak digunakan. Gedung yang disediakan Pemkot Bima melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

Tujuan dibangunnya Rumah Aspirasi itu sebagai sarana untuk menfasilitasi berbagai usulan dan masukan warga di setiap kelurahan yang akan diterima Pemkot Bima.

Dari data yang dihimpun, Rumah Aspirasi itu, ada yang dibangun baru, ada pula yang menyewa rumah warga. Rumah Aspirasi juga disetiap kelurahan telah dibentuk kepengurusannya.

Faktanya Rumah Aspirasi yang menjadi Visi Misi Walikota dan Wakil Walikota Bima Lutfi-Feri itu, ibarat Rumah Hantu alias tidak berfungsi maksimal.

Di Kelurahan Penatoi misalnya, rumah aspirasi yang dibangun tahun 2020 itu masih sepi aktivitas. Bahkan listriknya belum ada. Apalagi perangkat kerja pendukung, masih terlihat kosong. 

"Rumah Aspirasi kita di Penatoi dibangun tahun 2020. Iya listriknya belum ada," ungkap Lurah Penatoi, Kaimuddin. Selasa (1/6/2021).

Kaimuddin mengaku, rumah aspirasi tersebut hingga saat ini belum ada perangkat yang bertugas. Selain itu, bangunan yang dibangunan untuk tempat aspirasi warga tersebut belum ada aktivitas apa pun yang dilakukan.

"Selain belum ada perangkat,  belum ada kegiatan di rumah aspirasi," akunya.

Selain itu, Ketua LPM Kelurahan Penatoi Iwan Qamarruzaman membenarkan bangunan itu keberadaannya mubazir, dan habiskan anggaran. 

"Kan mubazir itu, dibangun habiskan anggaran. Tapi tidak berfungsi. Listrik saja belum ada," sentilnya. 

Melihat kondisi bangunan rumah aspirasi tersebut sambung Iwan, menunjukan tidak seriusnya kepala daerah di Kota Bima merealisasikan visi misi. Jika pun serius, tentu bangunan itu akan berfungsi sebagai mana tujuan dibangun. 

Lurah Tanjung, Faisal yang dikonfirmasi terkait itu mengakui sudah memiliki rumah aspirasi. Tapi belum bisa berfungsi maksimal. Karena listriknya juga belum ada. 

"Kabarnya sih bulan Juni ini mau didistribusikan perangkat pendukung untuk rumah aspirasi," katanya. 

Lurah Jatibaru A Salam yang  konfirmasi, juga mengakui bahwa rumah aspirasi di kelurahan belum berfungsi maksimal, perangkatnya juga belum ada.

"Belum ada listriknya juga," terangnya. 

Ia menambahkan, tetap ada kegiatan di rumah aspirasi, tapi belum rutin. Hanya ketua rumah aspirasi dan anggota saja yang rutin datang.

Lurah Manggemaci M Yusuf  dikonfirmasi oleh media ini mengaku, rumah aspirasi untuk warganya belum ada di tempatnya.

"Belum ada rumah aspirasi di kelurahan manggemaci,  dan belum jelas informasinya kapan," terangnya (RED)

Related

Kabar Rakyat 1104438996688865065

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item