Incubator Bisnis STIE Bima di Arena MotoGP Pertamina Mandalika, Cara Kampus Biru Memajukan UMKM di Bima

 

Incubator bisnis STIE Bima di Sirkuit Pertamina Mandalika. Sirkuit bertaraf internasional yang jadi arena balapan Grand Prix MotoGP kedua di Lombok Tengah-NTB, 18-20 Maret 2022. (METROmini/Agus Mawardy)

KABUPATEN LOMBOK TENGAH - Event internasional dalam perhelatan Grand Prix MotoGP Tahu n 2022 yang kedua akan berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah,  NTB. Perhelatan akbar yang perdana di Indonesia dengan baru dibangunnya Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika berlangsung mulai tanggal 18 - 20 Maret 2022.

"Saat ini momentum bersejarah dan pertama kali digelarnya MotoGP di Indonesia sedang berlangsung hingga puncaknya di tanggal 20 Maret 2022. Kami dari Kampus STIE Bima pun ambil bagian dari perhelatan akbar tingkat dunia ini," ungkap Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM, Sabtu, 19 Maret 2022.

Firdaus mengungkapkan, dalam mengenalkan produk binaan Usaha Menengah dan Kecil Masyarakat (UMKM) di bawah binaan STIE Bima. Pada inkubator bisnis atau stand pemasaran UMKM di Mandalika. STIE Bima menawarkan berbagai jenis produksi UMKM yang ada di Bima baik dalam bentuk jajanan dan kerajinan tangan.

"Beberapa barang hasil produksi UMKM di bawah binaan STIE, kami tawarkan kepada para pengunjung baik domestik dan internasional yang hadir dan menonton MotoGP di dalam Sirkuit Mandalika," ucap dia.

"Produk yang kami tampilkan atau dijual di dalam incubator bisnis STIE Bima. Seperti madu asli bima yang diolah dalam kemasan UMKM, sarung khas daerah Bima (tembe nggoli) dan souvernir khas Bima. Ada juga beberapa jenis jajanan lokal hasil UMKM di bawah binaan STIE Bima serta beberapa kerajinan tangan lokal dan beberapa barang lainnya," beber Firdaus menambahkan.

Kata dia, posisi incubator bisnis atau stand milik STIE Bima atau yang dikenal Kampus Biru itu tepat di belakang tribun pembalap Marc Marquez. Posisinya ada di Gate Barat Sirkuit Pertamina Mandalika. 

Menurutnya, hadirnya inkubator bisnis STIE Bima di arena Sirkuit Pertamina Mandalika sebagai salah satu cara mengenalkan produk lokal Bima kepada dunia. Selain itu, karya ini merupakan bentuk dari keseriusan STIE Bima dalam mendukung pengembangan kewirausahaan di NTB. 

"Produk lokal di Bima sebenarnya mempunyai kualitas barang yang layak dikenalkan di pasar internasional. Dan lewat momentum MotoGP ini, kami mengambil kesempatan ini untuk menunjukkan produksi Kewirausahaan di Bima sebagai wujud pengabdian Kampus STIE Bima untuk daerah dan masyarakat," jelas dia.

Incubator bisnis STIE Bima di Sirkuit Pertamina Mandalika. (METROmini/Agus Mawardy)

Ia pun mengajak para penonton MotoGP agar berkunjung di inkubator bisnis STIE Bima. Ia berharap, dengan adanya event berskala internasional seperti ini. 

"Banyak usaha dan produk UMKM yang bisa dikenalkan demi kemajuan ekonomi pelaku usaha lokal khususnya yang ada di Bima saat ini. Dan membangun incubator bisnis di tengah arena kegiatan berskala internasional seperti ini adalah komitmen STIE Bima dalam memajukan keberadaan UMKM lokal yang ada," tutup Firdaus. (RED | ADV)


Related

Pendidikan 1572066080819556794

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 



 

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item