Waktu yang Tepat untuk Mengisi Daya Baterai Ponsel

Ilustrasi pengisian daya baterai ponsel. FOTO: godiscover.co.id/GOOGLE
KOTA BIMA - Banyak dari pengguna ponsel pintar yang mengeluh tentang performa baterai yang boros. Hal ini disebabkan karena hanya segelintir yang benar-benar merawat baterai. Perawatan baterai ponsel harus benar, salah satunya adalah dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menge-charge.

Baca juga: Daya Baterai Ponsel Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Mengisi daya baterai bukan hanya sekedar soal memasukkan kabel charge ke port USB. Pengguna ponsel harus mengetahui waktu yang tepat untuk mengisi daya. Menge-charge ponsel sepanjang malam bukanlah hal baik, seperti manusia, baterai juga bisa kenyang daya. Ketika kekenyangan, performanya pun akan menurun.

Menurut Mark Carlson, engineer senior di Motorola, seperti dikutip dari KompasTekno, Rabu (18/1/2017), bahwa pengguna sebaiknya mengisi baterai ketika menuju kosong.

Mengisi baterai ponsel ketika benar-benar kosong sama halnya dengan memberi makan untuk manusia yang benar-benar telah mati. Sebaliknya, jangan pula mengisi daya baterai masih setengah penuh, hal ini sama seperti memberi makanan manusia ketika masih kenyang.

"Baterai pada kondisi 10 persen akan menyerap daya lebih cepat daripada ketika kondisinya 50 persen," ucap Carlson.

Carlson melanjutkan bahwa overcharging atau menge-charge berlebihan akan memperpendek usia baterai. Selain itu, tidak dianjurkan untuk menge-charge terlalu sering. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Berapa Jam yang Kita Butuhkan untuk Akses Internet dalam Sehari?

Perlu diketahui, bahwa setiap baterai punya charge limit atau batasan charge, bila sudah melampui batas, secara otomatis performa baterai akan menurun.

Saat menge-charge ponsel dalam kondisi 10 persen dan membiarkannya sampai 100 persen, siklus ini dihitung satu kali. Sama halnya, saat menge-charge baterai dalam keadaan 50 persen lalu mencabutnya saat 100 persen, siklus ini juga dihitung satu kali dan cara ini kurang efisien. (RED | KOMPAS.COM)

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item