Momen Peringatan Hari Agraria 2023, Kantor Pertanahan Kabupaten Bima Gelar Donor Darah

Kegiatan dokor darah di Kantor Pertanahan Kabupaten Bima, Jumat, 15 September 2023. Metromini/Agus Mawardy

KABIPATEN BIMA – Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bima menggelar kegiatan donor darah di aula Kantah Kavupaten Bima, di Kecamatan Woha, *

Jum’at, 15 September 2023. Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian Action Plan dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2023.

Dalam kehiatan sosial kemanusiaan ini, pihak Kantah Kabupaten Bima bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Bima dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bima.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 30 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Jumlah ini melampaui jumlah pada saat dilakukan pendataan awal calon pendonor.  Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas. Beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis. 

Tenaga medis di kegiatan itu menjelaskan, penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah, dan pembuluh darah vena yang kecil.

"Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah adalah pendonor berusia 17 hingga 70 tahun. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100, untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Sementara, orang dengan tekanan darah rendah, tekanan darah sistole/diastole yang dianggap aman adalah 90/50. Pendonor juga sebaiknya memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dL, dan tidak lebih dari 20 g/dl," jelas salah soerang tenaga medis.

Para peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini terdiri dari para pegawai tetap maupun pegawai kontrak Kantor Pertanahan Kabupaten Bima serta stakeholder, juga partisipasi para staf Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Kab Bima. Beberapa dari peserta sudah terbiasa mendonorkan darahnya dan bahkan terdaftar menjadi pendonor tetap.

“Saya sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan (donor darah) ini,. Saya pun rutin tetap melakukan donor darah untuk sekali dalam setiap 3 bulannya,” ujar Jamaluddin, pendonor yang merupakan pegawai kontrak di kantah Kab. Bima. 

Sementara iti, Kepala Kantor (KAKAN) Pertanahan Kabupaten Bima, Lalu Makhyaril Huda, S.ST., M.H mengungkapkan, kegiatan donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari petugas UTD RSUD Bima serta PMI Kab. Bima. Pihaknya pun tak lupa mengucapkan banyak rasa terima kasih.

"Kegiatan donor darah di Kantah Kabupaten Bima kali ini sangat luar biasa. Walau waktu mepet untuk ersiapan yang kurang dari 24 jam. Namun dalam kegiatan ini didapat sebanyak 32 kantong darah," ujar Makhyaril. 

Ia pun mengungkapkan, untuk ke depannya kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk tiap tahunnya. (RED | ADV)


Related

Pemerintahan 7000289414626699900

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item