Dinilai Merugikan Warga, MPK Tuding BPN Kabupaten Bima dan Pemdes Serobot Lahan Warga

Masyarakat Pencari Keadilan (MPK) saat melakukan Demontrasi di Jalan Negara Kec. Bolo


KABUPATEN BIMA -  Warga Desa Rasa Bou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, yang mengatasnamakan Masyarakat Pencari Keadilan (MPK) melakukan aksi Demontrasi di jalan Negara Senin 2/10/2023.

Pada aksinya, warga menuding Pemerintah Desa (Pemdes) Rasa Bou serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bima  telah merampas serta mengambil secara sepihak tanah program LC sebanyak seluas 20 are pada Masyarakat Pencari Keadilan (MPK).

Koordinator massa aksi, Hikmah, SH menyatakan, program LC sejak tahun 2009 atau sekitar 14 tahun silam. Bukannya menguntungkan masyarakat selaku  pemilik lahan, Tapi yang keluar sertifikatnya adalah oknum BPN dan Pemdes. Karena tanah milik warga diambil sebanyak 20 are. 

"Ini sudah jelas kalau program ini merugikan masyarakat," katanya Senin (2/10/2023). 

Hikmah mengakui, kasus penyerobotan lahan tersebut sudah pernah dilaporkan di Polres Bima, namun kata dia, laporan tersebut belum ada kepastiannya saat ini. 

"Kita sudah melaporkan pada Polres Bima. Tapi tidak ada ujung pangkalnya," akunya

Menurutnya, selama 14 tahun tidak pernah ada kepastian dari program sertifikat LC. Selain itu juga, pihak  BPN Kabupaten Bima tidak pernah bertanggungjawab. BPN dan Pemdes tidak melibatkan pemilik tanah, meminta pada pemilik lahan  untuk pembuatan sertifikat dengan nominal Rp. 300 ribu dan pengurangan jumlah tanah masyarakat. 

"Itulah yang menjadi acuan kami kami untuk turun melakukan aksi ini, dan kami butuh kepastian,"terangnya.

Secara bergantian, Taufik, mengatakan, kita kecewa dan mengutuk pelaku penyerobotan lahan pada setiap tanah yang kurang. Sertifikat itu bukan untuk kepentingan pribadi, tapi kita ikhlas untuk kepentingan umum yaitu untuk pembukaan  jalan, sekolah. "Itu yang kami ikhlaskan, bukan untuk keperluan golongan atau kelompok," terangnya.  

Sekitar 11 : 10 WITA  aksi tersebut masih berlangsung, kemacetan jalan lintas Bima -Dompu masih lumpuh total dengan pengamanan TNI dan Polri. Aksi berakhir setelah di mediasi oleh pihak Polres Bima jalan di buka kembali dan arus transportasi menjadi normal kembali. (RED)

Related

Kabar Rakyat 2100224826272709159

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item