100 Petak Tambak Bandeng Tak Berfungsi

100 Petak Tambak Bandeng di Desa Sandue, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima tidak berfungsi musim kemarau. FOTO: Agus Gunawan/METROMINI

KABUPATEN BIMA - 100 Petak Tambak Bandeng di Desa Sandue, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima tidak berfungsi menjelang musim kemarau seperti saat ini. Keluhan ini dirasakan dan disampaikan beberapa pemilik tambak yang ada di desa setempat.

Saat Metromini mendatangi lokasi tambak, salah seorang pemilik tambak, Nurdin (50) mengatakan, saat musim panas tiba, kondisi tambak mengalami kekeringan. Harusnya, kata dia, kondisi tambak di sini harus disiapkan saluran irigasinya

"Ada beberapa kendala yang kita hadapin sebagai pemilik tambak di sini. Jika pas musim panas banyak tambak di sini mengalami kekeringan. Salah satu penyebab kekeringan itu karena tidak adanya saluran irigasi untuk masuknya air ke area tambak," ungkap dia, Jum'at (10/3/2017).

Sementara itu, seorang tokoh pemuda Desa Sandue, Arifudin atau akrab dipanggil Golok dikampungnya itu mengatakan, sebenarnya potensi pendapatan masyarakat di sini adalah budidaya ikan bandeng yang ada di tambak yang sudah diplot areanya.

Menurut dia, dalam tiap tahunnya, para warga pemilik tambak hanya bisa berproduksi hanya satu kali saja dalam setahun.

"Salah satu potensi terbesar yang ada di Desa Sandue ini adalah Tambak ikan bandeng. Di tambak ini, warga mengisi bibit ikan bandeng setiap musim hujan. Dan kami di sini hanya mampu berproduksi sekali dalam setahunnya," ujar dia.

Ditambahkannya, jika musim panas seperti ini, Tambak sudah tak berfungsi sebagai wadah budi daya bandeng. Sebab, kurangnya stok air yang masuk di area tambak.

"Sebenarnya kendala yang kami hadapi di sini, adalah saluran irigasi dari laut tidak sampe ke lokasi tambak," pungkasnya.

Ia berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan Dinas Perikana dan Kelautan Kabupaten Bima dapat membantu pembangunan irigasi dari arah laut menuju jalur tambak yang gunanya, jika kemarau tiba kondisi tambak tetap tergenangi air dan sirkulasi pembibitan ikan bandeng dapat terus dilakukan warga.

"Kami sangat berharap pemerintah dapat membatu masyarakat yang memiliki tambak di sini dengan dibuatkan saluran irigasi seperti daerah-daerah lain. Jika kondisi irigasi tambak normal, peningkatan hasil panen ikan bandeng bisa sampai tiga kali panen dalam setahun," harapnya. (RED)


Related

Pemerintahan 3597879483277082764

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item