Akhir Maret Lomba Desa 2017 Dimulai

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokoler setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S. Sos. FOTO: Amirulmukminin/METROMINI

KABUPATEN BIMA - Perhelatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima akan dimulai pada tanggal 23 Maret hingga 13 April 2017. Penilaian akan dimulai dari Desa Mawu Kecamatan Ambalawi dan berakhir di Desa Lewintana, Kecamatan Soromandi pada tanggal 13 April 2017.

Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokoler setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S. Sos., menjelaskan bahwa penilaian Lomba Desa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Perkembangan Desa dan Kelurahan.

"Kami berharap kepada masyarakat di desa-desa yang telah ditetapkan mewakili kecamatan agar mempersiapkan diri menghadapi ajang bergengsi tahunan dalam lomba desa ini," harap Armin dalam press release-nya, Kamis (9/3/2017).

Beberapa unsur penilaian dalam Lomba Desa tahun 2017, Armin menjabarkan, meliputi 14 indikator yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, penanggulangan kemiskinan, peningkatan kapasitas masyarakat, tanggap dan siaga bencana, inovasi, pelestarian adat dan budaya, teknologi informasi/E-Government, dan inisiatif serta kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat.

Adapun desa-desa yang akan mewakili Lomba Desa, pihaknya telah menunjuk 18 kecamatan se-kabupaten Bima yaitu Desa Mawu kecamatan Ambalawi, Desa Mandala kecamatan Wera, Desa Tanah Putih kecamatan Sape, Desa Rato kecamatan Lambu, Desa Pesa Kecamatan Wawo, Desa Kaowa kecamatan Lambitu, Desa Pela kecamatan Monta, Desa Kuta Kecamatan Parado, Desa Bre kecamatan Palibelo, Desa Keli kecamatan Woha, Desa Roka kecamatan Belo, Desa Waworada kecamatan Langgudu, Desa Rasabou kecamatan Tambora, Desa Piong kecamatan Sanggar, Desa Ndano Na’e kecamatan Donggo, Desa Ndano kecamatan Madapangga, Desa Leu kecamatan Bolo dan Desa Lewintana kecamatan Soromandi.

Armin menjelaskan bahwa penilaian Lomba Desa dilaksanakan lebih awal di akhir maret hingga awal April 2017.untuk mempersiapkan sedini mungkin desa yang nantinya mewakili kabupaten Bima pada lomba desa tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nasional.

"Lomba Desa tingkat provinsi NTB akan dilaksanakan pada minggu kedua hingga minggu ke empat Mei 2017 dan Lomba Desa tingkat nasional pada bulan Juni 2017," jelasnya. (HUM | RED)

Related

Pemerintahan 2742636883566227246

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item