Dua Bulan Pemadaman Bergilir Bergulir, Warga Tanya PLN Bima Kapan ini Berakhir

Contoh informasi pemadaman bemadaman bergilir yang disosialisasikan oleh PLN melalui akun resminya di sosial media. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Hari Listrik Nasional yang jatuh setiap tanggal 26 Oktober tidak begitu sinergi dengan keadaan kelstrikan di wilayah Bima dan Dompu. Pasalnya, kurang lebih dua bulan pemadaman bergilir terjadi di wilayah pasokan listrik PLN Area Bima. 

Pada setiap harinya, PLN melalu Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dengan alasan pemeliharan pada mesin pembangkit listrik pada PT. PLN (Persero) UIW NTB terpaksa pemadaman dilakukan secara bergiliran pada nama-nama wilayah yang diumukan sebelumnya sejak pukul 17:00 WITA sampai dengan pukul 22:00 WITA.

Atas keadaan ini, UP3 PLN menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan tersebut. Dan dalam kondisi tertentum PLN pun mengakui bahwa pemutusan listrik bisa berubah sewaktu-waktu.

Metromini yang menghubungi call centre PLN di nomor (0374) 123, seorang operator lelaki mengakui bahwa di wilayah PLN Area Bima sedang terjadi pemadaman bergilir. Kata dia, biasanya, pemadaman bergilir terjadi karena ada mesin pembangkit listrik yang rusak sehingga tidak mampu penampung beban yang ada.

"Saat adanya laporan pemadaman bergilir, biasanya ada mesin pembangkit yang rusak. Dan keadaan mesin pembangkit tak mampu mengangkat beban. Pihak PLN Bima saat ini memang sedang melakukan pemeliharaan dan atau penggatian dengan mesin pembangkit listrik yang baru," ucap Operator itu, Senin, 19 November 20108.

Di sisi yang berbeda, warga Lingkungan Samporo, Kecamatan Manggemaci, Kota Bima, Ardian mengatakan, dirinya merasa jenuh juga dengan seringnya pemadaman listrik saat sore hingga malam hari. Sebab, di waktu tersebut, merupakan waktu vital di tengah banyak aktivitas yang dilakukan seperti mandi, sholat bahkan aktivitas penting lainnya.

"Dalam seminggu kadang bisa dua kali pemadaman bergilir. Dan kejadian ini sudah berlangsung kurang lebih dua bulan lamanya," keluh dia, semalam.

Menurutnya, motto PLN yang "Prestasi Nyata, Terang Indonesia" adalah pepesan kosong jika dikomparasikan dengan keadaan listrik di wilayah area PLN Bima yang mencakupi mulai dari Kecamatan Sape, Kabupaten Bima hingga ke Kecamatan Tambora dan juga listrik di Kabupaten Dompu.

"Sudah dua bulan keadaan pemadaman bergilir ini terjadi. Selalu saja alasannya adalah pemeliharaan mesin pembangkit listrik yang sedang dilakukan pemeliharaan atau diperbaiki. Dan kalau pemeliharaan hingga berbulan-bulan tanpa jelas kapan berakhirnya pemadaman bergilir ini juga akan membuat masyarakat jenuh dan emosional," papar dia.

"Jangan sampai PLN Bima melakukan dugaan penghematan atas kondisi ini," sambungnya.

Untuk itu, Ardyan meminta, pihak PLN Cabang Bima bisa memberikan penjelasan yang detail dan fakta yang terjadi pada mesin pembangkit listriknya yang ada di Bima dan Dompu. 

"Kalau tak mampu diperbaiki ya diganti dengan pembangkit listrik yang baru. Jangan dibiarkan berlarut-;larut soal pemadaman bergilir ini. Kami pun bertanya kapan pemadaman bergilir ini berhenti di Kota Bima pada khusunya PLN?," cetus pemuda anak mantan pejabat di lingkup Pemkab Bima itu.

Sementara itu, humas PT. PLN (Persero) Wilayah Bima, masih dikonfirmasi llebih anjut atas pemberitaan ini.  (RED)

Related

Kabar Rakyat 2907875217311158480

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item