Hilangnya Kegiatan "Hanta U'a Pua", Zainuddin Sarankan Konfirmasi Bidang Budaya

Zainuddin,  Kasubag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokoler setda Kabupaten Bima. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Sorotan tidak dilaksanakannya kegiatan momentum budaya di hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang biasanya digelar upacara "Hanta U'a Pua" di Bima. Kegiatan yang hilang dalam dua tahun atau pasca dilantiknya Putra Mahkota (Jena Teke) Kesultanan Bima di tahun 2016 silam. Zainuddin,  Kasubag Pemberitaan Bagian Humas dan Protokoler setda Kabupaten Bima angkat bicara.

Menurut dia, pelestarian nilai luhur budaya daerah sejatinya menjadi tanggungjawab moral segenap masyarakat di Dana Mbojo (daerah Bima), baik secara formal kedinasan melalui institusi pemerintah maupun secara sosial melalui lembaga adat/senibudaya.

"Pelestarian budaya merupakan tanggung jawab semua pihaj tanpa terdikotomi oleh sekat wilayah Pemerintahan Kabupaten atau Pemeritah Kota Bima. Karena pada hakikatnya "ndaita Dou Mbojo"
(kita semua orang bima)," ujar dia, Senin, 26 November 2018.

Kata dia, harmoni dan kesepahaman terkait hal ini harus terus terbina baik melalui koordinasi yang melekat antara dua pemerintahan daerah yang ada di Bima yaitu Pemkab Bima dan Pemkot Bima. Pada prinsipnya, kata dia, Pemkab Bima dan masyarakat di Kabupaten Bima senantiasa berikhtiar dengan segenap daya dan potensi yang ada untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah bima. 

"Hal ini ditandai dengan berbagai event pagelaran seni budaya yang dipentaskan oleh sanggar-sanggar seni se-wilayah Kabupaten Bima selama ini," tandasnya.

Ia mengatakan, hal-hal yang berbau budaya dan sejarah harus terus ditata untuk waktu ke depannya. Diakuinya, terkait dengan kegiatan "Hanta U'a Pua" tentunya ini akan menjadi attensi. Ia berharap, kondisi ini tentu membutuhkan kebersamaan dan dukungan dari semua pihak.

"Kegiatan "Hanta U'a Pua" akan menjadi atensi selanjutnya. Dan untuk lebih jelasnya, bisa ditanyakan ke OPD tehnis kalau ngak Dinas Pariwisata di Kabid Budaya yang ada di Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima," tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Budaya, H. Gani yang didatangi di kantornya di Desa Godo, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, tidak bisa ditemui oleh Metromini. (RED) 

Related

Pemerintahan 2809823812544812636

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item