Mapala 'Londa' STKIP Bima Gelar 'Sport Climbing Competition' Tingkat Pelajar se NTB

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) "Londa" di STKIP Kota Bima menggelar kejuaraan Sport Climbing Competition atau Lomba Panjat Tebing antar pelajar se-Provinsi NTB. METROMINI/Agus Gunawan
KOTA BIMA - Organisasi ekstra kampus Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) "Londa" di STKIP Bima menggelar kejuaraan Sport Climbing Competition atau Lomba Panjat Tebing antar pelajar se-Provinsi NTB. Acara tersebut digelar di halaman STKIP Bima sejak pembukaan yang digelar Kamis 29 November 2018 sore tadi sampai dengan tanggal 1 Desember 2018. 

Ketua Mapala Londa, Jamaluddin menjelaskan, Sport Climbing Competition ini adalah kejuaraan "Mapala Londa Cup yang ke II" yang dilaksanakan untuk perlombaan tingkat pelajar se-NTB. Kata dia, kegiatan ini merupakan program kerja tahunan dari organisasi yang berkiprah di segmen lingkungan hidup ini, 

Dalam kejuaraan ini, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan FPTI Kota Bima serta FPTI  Provinsi NTB. Selain itu, kegiatan ini didukung penuh oleh lembaga kampus STKIP Bima.

"Dalam penyelenggaraan lomba tingkat pelajar se NTB ini. Baik FPTI Kota Bima dan juga FPTI Provinsi NTB sudah kami kordinasikan dan mendukung penuh kegiatan ini. Selain itu pihak kampus STKIP merasa bangga dengan adanya kegiatan level regional yang mampu digelar di halaman kampus. Dan lembaga sangat mendukung event ini," jelas dia, sore tadi.

Ia mengatakan, pada kejuaran ini dibuka kategoti speed dengan peserta Putra (PA) dan Putri (PI)) serta kategoti leed untuk  PA dan PI juga. Para peserta yang ikut kompetisi ini berasal dari berbagai SMP dan SMA se derajat yang ada di NTB,

"Ada dua kategori untuk putra dan putri dalam perlombaan ini. Untuk kategori leed peserta putra yang terdaftar adan 34 atlet sementara yang putri ada 21 orang atlit. Untuk kategori speed, peserta putra yang terdaftar masih di konfirmasi jumlahnya sedangkan untuk yang putri sudah ada 21 orang atlit yang teregister oleh panitia saat ini," beber dia. 

Kata dia, kegiatan ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama tiga hari. Pembukaan yang sudah dilaksanakan sore tadi, akan berakhir dengan perlombaan final yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2018. Sementara itu, Tim Juri serta bagian tehnis dalam kejuaraan ini yaitu dari FPTI Kota Bima dan juga FPTI Provinsi NTB. 

"Tim juri kami serahkan kepada FPTI. Mereka juga yang pembuat jalur. Dan yang menjadi juri tentu orang yang kompeten dan telah memiliki sertifikat memimpin lomba," kata dia. 

Ia pun mengaku, hadiah dalam perlombaan ini terakumulasi senilai puluhan juta rupiah. Dan ucapan terima kasih kepada Lembaga STKIP Bima disampaikan oleh Jamaluddin, mahasiswa semester 5 Program Studi Bimbingan Konseling itu.

Di tempat terpisah, Ketua STKIP Bima yang diwakili Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan,  Muhammad Taher, M. Pd mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang bernilai positif. Kata dia, sebagai bentuk dukungan pihak kampus, STKIP Bima telah membangun wall climbing yang berada di halalam kampus ini. 

"Kami sangat mendukung acara Sport Climbing Competition. Sebagai bentuk dukungan kampus wall climbing senilai puluhan juta rupiah ini kami bangun di halaman kampus beberapa tahun yang lalu," ucap Taher.

Menurut Taher, kegiatan yang diadakan UKM Mapala Londa bisa dibilang sangat membanggakan dan spektakuler. Ia berharap, mahasiswa tetap bisa berkarya seperti ini dan juga berprestasi di bidang akademiknya. 

"Yang pasti dengan adanya kejuaraan tingkat provinsi NTB ini. SKTIP Bima kian dikenal berbagai kalangan yang ada di provinsi ini. Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi," ungkap dia sembari memastikan tetap mensuport kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa di STKIP Bima. (RED | ADV)

Related

Pendidikan 3831909766267375498

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item