Warga Kawinda Toi-Tambora, Keluhkan Tak Ada Sinyal Handphone dan Listrik

Kondisi kehidupan di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima. GOOGLE/www.trip-suggest.com
KABUPATEN BIMA - Masyarakat di Desa Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Syafruddin mengeluhkan tidak adanya jaringan ataun sinyal operator seluller yang bisa memfasilitasi keberadaan handphone di desanya. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bima telah berupaya menghadirkan jaringan komunikasi dan internet di berbagai desa yang ada di wilayah Kabupaten Bima,

Namun, dalam program di bawah Dinas Kominfostik Kabupaten Bima itu, Desa Kawinda Toi belum terjamah dengan program tersebut. Sebelumnya, pernah ada jaringan. Namun, dalam tiga bulan terakhir, akses jaringan itu hilang. Saat ini, pengguna alat komunikasi jenis seluller menjadi sia-sia saja dibawa ke Desa Kawinda Toi, karena handphone tidak bisa akses sinyal atau jaringan dari operator yang ada, seperti Telkomsel atau XL.

"Selama tiga bulan terakhir kami tidak dapat mengakses jaringan untuk komunikasi. Apalagi jaringan untuk internet. Jaringan untuk telpon menggunakan HP saja tidak ada sama sekali. Padahal, sebelumnya masih bisa, entah mengapa dalam tiga bulan ini," jelas Syafrudin, belum lama ini. 

Menurutnya,l jaringan komunikasi yang tak ada di Kawinda Toi mulai dari SP2 hingga ke tengah pemukiman warga di Desa Kawinda To'i. Wilayah lainnya yang tak ada akses sinyalnya yaitu di wilayah bagian utara Kecamatan Tambor.

Diakuinya, pernah ada tower mini yang dipasang untuk menyediakan sinyal. Namun, tower itu tidak berfungsi lagi. Ia berharap, kebutuhan jaringan adalah hal yang sangat prioritas di era sekarang ini guna memudahkan komunikasi dan mendapat akses informasi untuk bisa berkembang dan bersaing dengan desa-desa yang lain. 

"Kami berharap, pemerintah bisa segera menyediakan fasilitasi yang bisa menghadirkan jaringan untuk wilayah di Kawinda Toi dan kawasan yang belum mendapat jangkauan sinyal handphone," tandasnya. 

Sekretaris Desa Kawinda Toi, Adi Armansyah, S. Pd menuturkan hal yang senada. Sebagai aparatur Pemerintah Desa, dia mengaku, telah melaporkan kondisi ini ke Dinas Kominfostik Kabupaten Bima. Ia berharap dinas terkait dapat memperbaiki jaringan telepon untuk wilayah Kecamatan Tambora yang belum mendapat akses jaringan.

"Saya sudah berkali-kali melaporkan ke Dinas Kominfo Kabupaten Bima. Tapi sampai sekarang tidak ada upaya perbaikan dan respon yang positif dari pihak Kominfo Kabupaten Bima," tandasnya.

Saat ini, kata dia, warga harus berangkat jauh ke luar desa jika ingin menggunakan ponselnya untuk dapat digunakan berkomunikasi kepada pihak sesuai kepentingannya. Dan dengan keadaan ini, urusan komunikasi yang terganggu menghambat pekerjaan kantor yang apalagi sudah membutuhkan internet dalam kegiatan kepemerintahan saat ini. 

"Kami harap, program untuk memberikan fasilitas jaringan seluller agar bisa segera diprioritaskan untuk didapat bagi warga di Desa Kawinda Toi.  Kami ini warga yang terjauh di wilayah Kabupaten Bima. Kami sangat berharap, kondisi ini diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Bima," harapnya

Selain itu, pihaknya juga mendesak Bupati Bima agar memasang aliran listrik di Kecamatan Tambora. Sebab selama ini, di desanya tidak pernah ada sinar lampu yang menerangi kehidupan warga seperti di desa-desa lainnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6999222592509517707

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item