Rustam: Tidak Ada Yang Ditutupi, Semua Pekerjaan Diawasi Langsung Masyarakat


Pejabat (Pj) Desa Piong, Rustam, SH.METEROmini/Agus Gunawan 

KABUPATEN BIMA - Soal pekerjaan Rabat Gang di Dusun Oi Ncama di RT 01 RW 01, Desa Piong, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima menjadi sorotan Ketuan BPD dan anggotanya. Dimana pekerjaan itu diberhentikan oleh Ketua BPD karna dinilai Pemerintah Desa Piong tidak Trasparan dalam pelaksaan pekerjaan karna tidak ada papan informasi dalam pelaksaan pekerjaan itu.

Menanggapi sorotan Ketua BPD Desa Piong, Pemerintah Desa Piong melalui Pejabat (PJ) Rustam SH menjelaskan, sebelum melakukan  Rabat Gang itu,  pemdes telah melakukan Koordinasi dengan anggota BPD setempat. Tapi,  saat itu hanya satu orang anggota BPD yang ada.

"Saya panggil Syaiful dan panggil Kiki. Tapi, Kiki ngak ada saat itu,  makanya kita mulai pekerjaan ini, intinya pekerjaan sudah ada koordinasi dengan BPD. Masa harus rapat lagi, lagiam pekerjaan di Dusun Oi Ncama dapilnya kedua BPD itu juga," jelas Rustam Senin,  (6/1/2020).

Kata dia,  saat peneguran oleh BPD pekerjaan itu, ia meminta kepada BPD  untuk tidak menganggu program yang jalankan oleh Pemdes,  dan kalaupun ada kesalah pekerjaan dilakukan oleh pelaksana, BPD bisa mengawasi dan memberikan teguran ketika ada kekurangan dalam pelaksanaan rabat Gang.

"Saya ajak BPD jangan berhentikan pekerjaan itu,  tapi harus mengawasi semua pekerja Pemdes. Kalau ada kekurangan semen bilang, kalau kurang folume bilang biar kita tambahkan, kalau ada kekurangan dalam pekerjaan di tegur saja," katanya.

Rustam mengungkapkan,  anggaran pekerjaan itu tidak pernah ditutupi oleh pemdes, besar anggaran dan Volume pekerjaan rabat gang sudah tertera dengan jelas di APBDes tahun 2019.

"Besar Anggaran 151 juta, itu belum di potong Pph, Galian C, Bpn,  Pengawas, perencana dan Mandor. Panjang rabat Gang 143 meter, tebal 12 Cm dan 20 Cm Spal," ungkapnya.

Menurutnya,  semua pekerjaan fisik dijalankan oleh Pemdes selama ini kerjakan langsung oleh Masyarakat, termaksud rabat gang saat ini lagi tahap dikerjakan, yang diawasi langsung oleh warga yang ada di Dusun setempat.

"Pekejaan itu borong lansung oleh Masyarakat, semua masyarakat bisa melihat,  mengawasi dan menegur kalau salah, saya tidak tutupi pekerjaan itu," akunnya.

Lanjutnya,  semua pekerjaan fisik yang masih ada hubungan dengannya saat ini,  dia mengaku harus menyelesaikan semua,  agar kedepannya setelah dia meninggalkan Desa Piong nanti tidak ada jejak buruk yang ia tinggalkan dimata Masyarakat. Soal papan informasi lanjutnya,  ia sudah memesang beberahari yang lalu. Tapi,  hari ini ia akan cek kembali papan infomasi itu,  kalaupun sudah jadi,  ia akan pasang di lokasi pekerjaan.

"Saya tidak ada cari keuntungan pada pekerjaan itu, yang saya lihat kualitas pekerjaan. Program itu harus saya selesaikan sebelum jabatan saya selasai, saya tidak mau meninggalkan kejelekan. Untuk papan informasi pekerjaan itu,  sudah di pesang tiga hari yang cuman belum jadi,  rencana saya ambil papan informasi itu hari ini," paparnya. (RED)

Related

Pemerintahan 3026395347670844988

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item