Tanam 1000 Pohon di Wawo, Mapala "Londa" Ajak Pemerintah Lestarikan Kembalikan Hutan Yang Gundul


Anggota Mapala Londa dengan Warga Desa Ntori.METOROmini/Dok 

KABUPATEN BIMA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Londa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidika (STKIP) Bima dan Gerakan Pemuda Ntori Peduli Lingkungan (GPN-PL), Badan Isaha Milik Desa (BUMDES) Pemerintah Desa (Pemdes) Ntori dan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan Penhijauan di jalan Lintas Wawo-Sape Jum'at (3/1/2020).

Kegiatan itu dilaksanakan dari tanggal 3 Januari 2020 hingga 5 januari 2020 melibatkan Masyarakat Desa Ntori , Anggota BUMDES Desa Ntori dan Anggota Mapala Londa STKIP Bima, dengan menanam 1000 Pohon.

Ketua Mapala Londa Abdu Haris menjelakan, Penanam pohon itu bukan dilaksanakan saat ini,  tapi rutin dilakukan oleh Mapala ditiap tahun. Selain menanam pohon, kegiatan itu memberikan penyadaran kepada Masyarakat betapa penting menjaga Lingkungan dan melestarikan kemabali Hutan yang sudah gundul saat ini.

"Disamping untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kelestarian Lingkungan Hidup (LH) kegiatan itu juga bertujuan untuk mengembalikan fungsi Kawasan Puncak yang mengalami deforestasi akibat adanya penggundulan Kawasan Hulu tanpa kendali," jelas Abdul Haris Sabtu, (4/1/2020).

Penanam pohon disepanjan jalan Wawo-sape.METEROmini/Dok

Lanjut Haris,  Kegiatan yang dilakukan oleh Mapala dan Masyarakat Desa Ntori saat ini,  bukan sekedar menanam pohon. Tapi,  pohon yang sudah ditanam saat ini tetap rawat hingga pohon itu tumbuh besar.

"Kegiatan ini tidak hanya sebatas Tanam lalu di tinggalkan begitu saja. Tapi, akan tetap dilakukan perawatan oleh Masyarakat dan Pemuda setempat yang didukung oleh Mapala Londa sebagai pendamping," ujarnya.
 
Lewat kegiatan ini,  Mapala tetap mendorong Pemerintah agar tetap memperhatikan Lingkungan saat ini yang sudah kritis. Disamping itu juga,  lewat kegiatan penghijauan seperti ini, mapala tetap melakukan Koordinasi dengan dinas terkait, dengan harapan Desa Ntori dikadikan Daerah Agrowisata.

"Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait agar melestarikan kembali Hutan yang gundul, dan menjadikan Dssa Ntori untuk dijadikan sebagai daerah Agrowisata tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemerintah desa setempat," terangnya.

Terpisah Ketua Gerakan Pemuda Ntori Peduli Lingkungan (GPNPL) mengajak generasi yang ada di Desa setempat agar tetap bahu membahu dalam menjaga Alam ini agar tetap terus di Letarikan hingga hingga anak generasi berikutnya.

"Kami mengajak seluruh Generasi muda Kecamatan Wawo khususnya Masyarakat Ntori agar bahu membahu menjaga kelestarian Alam demi keterlangsungan generasi selanjutnya. Gerakan seperti ini tidak sekedar dilaksanakan seremonial belaka tapi tetap berkesinambungan," harapnya. (RED)

Related

Pemerintahan 5170589480445502460

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item