Mapala "Londa" Adakan Bakti Sosial Penataan Lingkungan di Desa Doridungga

Baksos Mapala Londa di Desa Doridungga.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) “Londa” Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima adakan kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) di Desa Doridungga, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima. Kegiatan itu dilaksanakan dari tanggal 16 Februari hingga 22 Februari 2020.

Kegiatan Baksos bertema "Mengabdi Untuk Dana Mbojo Yang Ramah” itu,  bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Masyarakat, Pemerintah Kecamatan Donggo, Pemerinta Desa Doridungga, BPD, Karang Taruna, Polsek dan juga TNI Kecamatan Donggo.

Dalam pelaksaan kegiatan itu, Ketua panitia menjelaskan,  kehadiran Mapala "Londa" disambut baik oleh pemerintah setempat, bahkan semua Muspika dan Masyarakat ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Baksos.

"Unsur Muspika Kecamatan Donggo dan masyarakat setempat memberikan support dan rasa terima kasih yang luar biasa dalam kegiatan, semuanya terlibat langsung dalam menyukseskan program penghijaun ini,"jelas Mahendra Kami, (20/2/2020).

Menurutnya,  terpilihnya Desa Doridungga untuk Kegiatan Baksos merupakan hasil rapat Dewan Pengurus dan hasil Survei anggota Mapala yang melihat Desa yang dimaksud masih banyak kekurangan dan perlu untuk dilakukan kegiatan Baksos.

"Desa Doridungga yang pas untuk  melaksanakan Kegiatan Baksos, karna dari hasil survei tim tekhnis pengurus organisasi masih banyak kekurangan yang belum ditata dengan baik, itu sebabnya dalam keputusan pengurus memilih Desa Doridungga Kecamatan Donggo,"terangnya.

Kata dia, selama kegiatan Baksos dilakasakan, anggota tidak hanya fokus pada satu kegiatan, selain melakukan penataan Lingkungan bersama Pemdes, anggota juga mempersiapkan untuk pembagian Al-Qur'an.

"Kegiatan Baksos kali ini, selain Perlindungan Mata Air ada juga dalam Pembuatan Tugu TPU, Seminar Lingkungan Hidup, praktek Belajar-Mengajar di Sekolah, Pembagian Al-Qur’an di tiap Masjid dan TPQ, Pembersihan Kuburan dan Masjid serta Pembuatan pagar di depan rumah warga di sepanjang Jalan sesuai dengan dana yang kita punya,"katanya.

Ia menambahkan,  tujuan dari kegiatan bukan hanya melakukan kegiatan Baksos tapi juga menunjukan bentuk pengabdian terhadap Masyarakat sebagai amanat Tri Darma perguruan Tinggi.

"Kami lakukan semua ini sebagai bentuk pengabdian kami selaku mahasiswa terhadap masyarakat, upaya berbaur dan memberikan pemahaman pada masyarakat akan besarnya menjaga dan melestarikan hutan,"katan Hendra.

Ditempat yang sama, Ketua umum Mapala "Londa" Abdul Haris mengatakan, Perlindungan Mata Air sangat penting, karna mata air di Desa setempat sudah berkurang.

"Perlindungan Mata Air disana sangat penting sebab Air sudah berkurang, apalagi pada saat musim panas Desa tersebut mengalami kesulitan untuk mencari air bersih terutama untuk kebutuhan sehari-hari,"kata A Haris.

Lanjut dia, Kegiatan Bakti Sosial semacam ini tidak hanya  dilaksanakan tahun ini. Tapi, kegiatan Baksos tetap dilaksanakan setiap tahun semenjak Mapala "Londa" berdiri di Tahun 1995.

"Kami memberikan edukasi soal lingkungan kepada Masyarakat dan Pelajar di Donggo lebih khususnya Desa Doridungga, Betapa pentingnya menjaga dan melestarikan Lingkungan di sekitar,"jelasnya.

Ditempat terpisah Kades Doridungga Jubaid Awahab sangat mendukung langkah Mahasiswa penggiat lingkungan seperti ini, ia sampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Mapala "Londa" mengadakan kegiatan di Desa dipimpinnya.

"Bantuan bibit beringin sebagai perlindungan mata air dan pohon cemara glodok yang ditanam di sepanjang jalan Desa Doridungga merupakan kado luar biasa bagi kami dan masyarakat" beber kades.

Jubait memaparkan, kegiatan semacam ini sangat membantu Pemdes, apalagi dengan membuat pemagaran disepanjang jalan sehingga sangat terbantulah masyarakat kami di Desa Doridungga.
Kehadiran program adik-adik mahsiswa ini juga sangat membantu, dimana penataan Desa sangat diharapkan oleh kami karena dalam hal ini Desa kami akan mengikuti lomba desa yang mewakili utusan Kecamatan Donggo, yang Insya Allah akan dilaksanakan awal April Tahun 2020.

Untuk diketahui bahwa, sejarah baru bagi Desa Doridungga mampu memenuhi sumber mata airnya dari mara air kangga dengan jarak 1 ½ kilo dari wilayah permukiman Desa Doridungga.

"Seiring dengan keberhasilan menaikan sumber mata air dari ketinggian secara akal sehat tidak memungkinkan untuk dinikmati, ini semua hasil kerja keras dari unsur Pemerintah Desa doridungga dan seluruh pihak Stecholders" ungkap kades.

Dengan kegiatan Baksos Mapala "Londa",  lanjut Kades, Masyarakat dan Pemdes sangat merasa dibantu dengan diberikan bantuan berupa pohon beringin sebagai penghasil sumber air. Dan kades juga berharap, silaturahmi dengan Mapala ini tidak hanya terputus disini.

"Kami bangga dan berterima kasih atas kehadirannya Mapala "Londa", semoga kedepan silaturahmi semacam ini tidak terputus dan semoga semuanya diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal tentang lingkungan,"harapnya. (RED)

Related

Pendidikan 5751280184345400903

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item