Masih Banyak Program Tidak Terlaksana, ADD Desa Sandue Tahun 2019 Masih Misteri


Ilustrasi, Dana Desa. METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Sandue, Kecamatan Sanggar,  Kabupaten Bima Tahun 2019 masih meninggalkan Misteri. Dari beberapa program yang menggunakan Add, masih banyak Program yang belum diselesaikan, dan bahkan ada beberapa Program yang belum terlaksana oleh Pejabat (Pj) Kepala Desa sebelumnya.

Dari beberapa Program yang di anggap bermasalah itu, sehingga muncul pertanyaan Warga setempat mengenai sisa ADD yang tidak digunakan pada tahun 2019 lalu yang nilainya mencapai Ratusan Juta.

Amirullah mengatakan,  dari beberapa pekerkaan fisik pada tahun lalu terlihat masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikan oleh PJ, salah satunya penggalian Sumur Bor tidak diselesaikan oleh Pemdes.

"Penggalian Sumur dengan anggaran Rp200 Juta lebih tidak diselesaikan pekerjaannya. Padahal dalam rancangan pekerjaan itu kedalaman air bor harusnya 30 lebih meter namun yang nampak hanya 12 meter hasil pengecekan kita kemren bersama warga," jelas Amirullah Jum'at (10/4/2020).

Selain mempertanyakan galian Sumur Bor,  Amirullah mengungkapkan beberapa Program Non fisik tidak terlaksana oleh Pemerintah Desa dibawa kendalinya Pejabat (PJ) Kepala Desa.

"Anggaran belanja Perpustakaan sebesara Rp9 juta lebih tidak dilasanakan, pemasangan lampu jalan desa untuk di pasangan di 40 titik dengan jumlah anggaran Rp20 Juta lebih hanya dipasang sebagian, Anggaran pelatihan untuk perikanan sebesasar Rp1 juta lebih tidak dilaksanakan,  Anggaran pelatihan perlindungan anak Rp3 juta lebih tidak terlaksana, dan Anggaran PKK Rp50 juta tidak terlaksana," ungkapnya.

Amirullah menegaskan, pemerintah Kecamatan maupun Dinas Ispektorat untuk memanggil dan memproses Pejabat (PJ) Kepala Desa yang dimaksud, dan menyelesaikan semua Program-program yang belum terlaksana pada tahun 2019 lalu untuk di kerjakan.

"Kami warga penerima manfaat meminta Pemdes menuntaskan program yang belum terlaksana tahun 2019 untuk segera diselesaikan sesuai Post anggaran yang ada, sebab pelaksana program hanya  dikerjakan dengan ADD sekitar 70 porsen," tegasnya.

Kata dia, dari sekian banyak program yang tidak terlaksana pada tahun 2019 lalu, tentu Ratusan Juta ADD yang belum direalisasikan oleh Pemerintah Desa untuk pembangunan Desa maupun untuk kebutuhan Masyarakat setempat, 
"Sebab anggarannya ini masih misteri. Masih ada sisa anggaran  280 juta," terangnya.

Disisi lain,  Pejabat (PJ) Kepala Desa Sandue yang di Konfirmasi melalui Via Selurernya, nomor yang dihubungi tidak aktif. (RED)

Related

Pemerintahan 5699053013148685501

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item