Sekdes Darusalam: RTLH Untuk Maemunah Sudah Masuk APBDes 2021

Sekretaris Desa Darusalam, Ibrahim Alfian.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Potretan kehidupan seorang Janda Maemunah (72) dan dua anaknya di Desa Darusalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, selama hidupnya dia (maemunah) dan keduanya ada belum ada perhatian pemerintah. 

Bantuan berupa program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) diturunkan oleh pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Desa selama ini tidak mereka dapat. Rumah ditempatinya sekarang sudah sering di foto oleh pemerintah, namun hasil pendataan itu, program RTLH tidak mereka dapat.

Menanggapi hal itu. kepala Desa Darusalam, melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Ibrahim Alfian mengakui, pemerintah desa sudah mendata semua nama-nama warga penerima RTLH tahun ini untuk dimasukan lewat Dana Desa tahun 2021.

"Kemarin memang nama mereka sudah terdata, yang jelas namanya sudah kita masukan pada rencana APBDes 2021, itu pun kalau tidak ada perubahan dana covid-19," jelasnya Senin (11/1/2021) melalui via seluler.

Baca juga : Tinggal dirumah Reot, Janda di Darusalam Tak diperhatikan Pemerintah

Menurutnya, RTLH untuk ibu Maemunah sebenarnya sudah dituntaskan tahun 2020 lalu. Namun, karena kendala Covid19, anggaran tersebut dialihkan ke program lain.

"Sebenarnya sudah kita prioritaskan tahun lalu, tapi karena pengalihan agaran ke BLT dan lain sebagainya," akunya.

Diakuinya, ditahun 2021, Pemerintah Desa mendapatkan program RTLH dari pemerintah Kabupaten Bima sebanyak 25. Tapi nama penerima manfaat dari program itu final siapa masyarakat yang mendapatkan.

"Dari Dinas perkim, Desa Darusalam mendapat 25 unit RTLH tahun ini. Namun siapa yang mendapatkan itu, kami hanya di Desa hanya menyusulkan," katanya.

Ia berharap, Pemda agar menambah jatah RTLH untuk Desanya, karena kata dia, jatah 25 unit dari Dinas Perkim masih sedikit untuk warga di Desa Darus Salam. Pemdes setiap tahun hanya mampu merehap 10 rumah untuk warga tidak mampu.

"25 rumah itu masih kurang di Desa Kami, karena kami di Desa hanya mampu 10 rumah petak, jati bantuan RTLH di Perkim itu sangat membantu masyarakat tidak mampu, itupun kalau program Perkim itu jadi. Karena setiap tahun hanya difoto namun tidak ada realisasinya," harapnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 2847665568674380970

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item