Wujudkan Jurnalis Profesional, PWI Bima Adakan Pelatihan Jurnalistik Jilid II

Saat Kegiatan Pelatihan Jurnalistik di Aula SMKN 3 Kota Bima.METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bima  adakan pelatihan jurnalistik jilid II. Kegiatan bertema "Mari belajar menulis berita" itu di hadiri oleh Ketua PWI Bima, Asisten I Kota Bima, Asisten III Kabupaten Bima, Dinas Kominfo Kota dan Kabupaten, Dandim Bima, Kapolres Bima Kota, kegiatan berlangsung oleh di Aula SMKN Kota Bima Sabtu 18 Desember 2021.

Ketua PWI Bima mengatakan, Media atau pewarta jangan  pernah puas dengan ilmu jurnalistik, karena menulis karya tidak bisa dilihat dari umur.

"Wartawan harus terus mengasah kemampuan dimiliki karena belajar bermedia tidak tidak mengenal umur," jelasnya Sabtu (18/12/2021).

Bang Gun sapaannya, wartawan tidak hanya menyelesaikan penulisan berita, tapi seorang pewarta memperhatikan karya-karya yang akan dipublikasikan, agar pembaca bisa menikmati hasil penulisan para wartawan

"Media atau wartawan harus menunjukan karya-karya yang bagus untuk dibaca oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bupati Bima melalui Asisten III Drs.H Arifudin HMY pada sambutannya menyatakan, perkembangan media cetak dan Media Online di Kota dan Kabupaten Bima saat ini cukup Signifikan, kehadiran media ditengan - tengah pemerintah saat ini banyak sekali membatu Pemda dan warga.

"Melihat ini Dengan jumlah media baru yang muncul , mulai dari media cetak, elektronik dan media online. Tentu membutuhkan wartawan yang berkualitas tinggi, sehingga media dapat memberikan informasi yang berkualitas," katanya.

Kegiatan pelatihan tersebut, untuk melatih kemampuan wartawan, baik dalam penulisan maupun dalam mengemas informasi diperoleh, dari itu kata dia, suksesnya pembangunan di setiap daerah tidak hanya dilihat dari sarana dan prasarana yang ada, tapi kesuksesan bisa didapatkan dari hasil pemberitaan - pemberitaan positif  dari media.

"Untuk menjadi jurnalis  yang berkualitas, seseorang harus dilatih terlebih dahulu dilatih dalam kemampuan jurnalis. Keberhasilan pembangunan tidak hanya didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, tombak dalam melakukan pemberitaan - pemberitaan positif terkait pembangunan," paparnya.

Bupati melalui Asisten III berharap, dengan dilaksanakan kegiatan pelatihan tersebut, kedepannya bisa menghasilkan wartawan yang profesional dan memiliki kompetensi jurnalis.

"Untuk menunjang pemberitaan positif, tentu diperlukan insan pers yang mumpuni. Oleh karena itu pelatihan jilid 2 merupakan upaya meningkatan Kompetensi jurnalis seorang wartawan," harapnya.

Ditempat yang sma Asisten I Ir.H A. Gawis mengakui, perkembangan media wilayah bima cukup cepat saat ini, bahwa untuk perkembangan media Online lebih cepat dibaca media cetak.

"Perkembangan yang signifikan, sudah lama kita tidak baca media cetak, saat sudah bisa membaca informasi-informasi lewat media Online," akunya.

A.Gawis berharap, informasi-informasi diperoleh seorang wartawan selama ini dilapangan cukup membantu pemerintah, namun kata dia, informasi atau berita itu agar kiranya meminta tanggapan dari pemerintah yang ada ditempat.

"Kualitas berita itu diharapkan oleh negara. Pemerintah berharap informasi itu tidak hanya dari masyarakat, tapi juga balas dari pemerintah," harapnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6242402968274479115

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon


 

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item