Aksi Baksos Mapala Londa di Pai-Wera

Mapala Londa SKTIP Kota Bima menggelar kegiatan Baksos di Desa Pai, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, dari tanggl 22 s/d 26 Februari 2017. FOTO: Agus Gunawan/METROMINI

KABUPATEN BIMA -
Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Londa SKTIP Kota Bima menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Desa Pai, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima. Kegiatan wajib yang tetap dilakukan setiap tahunnya ini, dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 22 s/d 26 Februari 2017.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat," ujar Ketua Mapala Londa. M. Hidayat Ikhlas.

Kata Ikhlas, kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pai ini telah ditentukan berdasarkan pembahasan rapat pengurus sebelumnya. Memilih daerah di utara Kabupaten Bima, karena sebelumnya daerah-daerah lain seperti di Bima Selatan bagian Langgudu, Timur dan Barat sudah dilaksanakan.

"Makanya, kami memilih Desa Pai di Wera sebagai lokasi kegiatan baksos awal tahun 2017 ini," ujar dia kepada Metromini, Jum'at, 24 Februari 2017.

Dalam kegiatan ini, sudah ditentukan jadwal acara yang semuanya dalam bentuk membantu kesusahan dan kekurangan masyarakat yang ada di Desa Pai.

"Kami sudah menjadwalkan kegiatan selama 4 hari, dari tanggal 22 sampai dengan 26 Februari ini. Setiap kegiatan yang dilakukan dalam rangka membantu kekurangan yang dirasakan masyarakat di Pai, seperti membuat dan menata areal pembuangan sampah warga, menanam di daerah hutan, dan membersihkan sampah di pinggir laut serta ada rencana membangun MCK umum sebanyak 3 unit nantinya," jelas dia.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Pai, Hidayat mengatakan, sebelum kegiatan Baksos Mapala Londa digelar. Pihak panitia sudah berkoordinasi sejak awal. Selaku pemerintah di Desa Pai ini, pihaknya sangat merasa berterima kasih atas kehadiran Mapala Londa apalagi dalam kegiatan meringankan beban hidup masyarakat di Desa Pai.

"Kegiatan itu, dari awal mereka telah memberitahukan terlebih dahulu. Laporan mereka dengan adanya agenda Bakti Sosial, sangat kami terima dan kami akan sangat berterima kasih atas adanya kegiatan baksos ini. Kita sebagai pemerintah siap membantu dan menerima kegiatan dari adik-adik mahasiswa yang tergabung di organisasi Mapala Londa ini," ujar Hidayat via ponselnya, Jum'at siang tadi.

Ia mengungkapkan, adanya pembangunan 3 bak air dan 3 unit MCK adalah kebutuhan yang memang di butuhkan masyarakat di Desa Pai.

"Kami sangat bersyukur terhadap mahasiswa yang membangun fasilitas umum seperti bak air dan MCK. Kami sebagai pemerintah desa siap bekerja sama dan nanti kami akan sampaikan kegiatan ini kepada Pemerintah Kabupaten Bima. Mungkin saja dengan gerakan pelopor dari Mapola Londa ini, bisa lebih ada perhatian dan tambahan pembangunan fasilitas umum yang disediakan oleh Pemkab Bima di desa kami ini," pungkas Kades.

Diakuinya, keberadaan bendungan atau Dam yang sudah ambruk kondisinya di Desa Pai sangat ingin sekali dilakukan renovasi bila perlu pembangunan perbaikan secara total.

"Dam di Pai ini sudah ambruk dibawa banjir minggu. Dan kedua tanggul atau kondisi bronjong penahan air pun ikut hancur diterjang banjir lalu," ucapnya.

Senada dengan Kades Pai, Camat Wera pun menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Baksos Mapala Londa ini.

:Mudah-mudahan program ini akan berlanjut ke depannya. Karena terus terang saja kami dari kecamatan, khusus soal penghijauan susah sekali dilaksanakan. Untung ada dari partisipasi Mapala Londa yang punya bibit dan siap ditanami di hutan area Desa Pai dan sekitarnya ini. Ini tentu sangat membantu, di tengah di teriknya Dinas Kehutanan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi untuk saat ini," jelas . H. Muhammad Ridwan, S.Sos. (RED | ADV)

Related

Pemerintahan 1617478281195493056

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item