Sorotan Netizen 'Pedas' dan Menilai 'Modus' Wali Kota Dibalik Proyek Mesjid Amahami

Foto sampul di Group Bima Berbenah. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - Akun Facebook Morina Mantika yang melempar foto berstatus meminta tanggapan kepada Netizen lain di group Bima Berbenah yang total anggotanya 15.480 orang menuliskan status:

Morina Mantika
Sebutkan Salah SATU jawaban yang Anda Anggap Benar di bawah ini: 
Pertanyaan :
1. Pembangunan MASJID dimana Tema awalnya akan di buat TERAPUNG namun di dalamNYA ada PENIMBUNAN disebut..?
a.MAsjid DARATAN
b.MASJID TERAPUNG
c.MASJID REKLAMASI
Catatan》 Agar Kita Semua :
a.Tidak Memelihara Kebodohan !!
b.Tidak gagal Paham !!
c.Berdasarkan Takwa atau Bukan !!

Unggahan foto berstatus tersebut, mengundang tanggapan dan komentar yang beragam. Awal mula, proyek mesjid ini pun dulunya dikenal dengan Proyek Mesjid Terapung. Namun, nomenklatur sebagaimana yang tertuang di  LPSE Kota Bima, proyek tersebut bernama Proyek Mesjid Amahami.

Dalam situs LPSE Kota Bima di terangkan bahwa Pembangunan Mesjid Amahami sudah melewati proses tender secara online. Nilai pagu anggaran Rp12.400.000.000. Dari hasil tender proyek yang pertama dalam kegiatan LPSE Kota Bima di Tahun Anggaran 2017 ini, kegiatan Pembangunan Mesjid Amahami telah dimenangkan PT. Mayalia asal pulau Lombok.

Status tersebut disukai lebih dari 60 Netizen. Berikuta catatan komentar anggota di Group Bima Berbenah:
Foto Udara yang dilempar akun Facebook Morina Mantika di Group Bima Berbenah. METROMINI/Dok
Tadir Singh Anggaplah masjid terapung. Hahahaha
SukaBalas19 jam
Bima Berbenah hahaha.. iha laona mpa'a anggap ka ndede (tidak bagus kalau langsung dianggap seperti itu) bung Tadir Singh ðŸ˜‚😂
Tadir Singh Ede du daripada kajumu KE ncau (biarlah dari pada termenung terus) ? Tahopra anggap lalo du. (lebih baik dianggap saja) ðŸ˜
Bima Mawardy Sudah di timbun seperti ini yah

Bedi Abu Bune ra lao na dee (bagaimana selanjutnya) Masjid Daratan

Bima Berbenah hahaha.. kira2 seperti itu bung Bima Mawardy ðŸ˜‚😂

Bima Berbenah bunera laona (bagaimana selanjutnya) dunia ree om Bedi Abu ðŸ˜‚😂??

Aba Dhayat Kombi (mungkin) masjid terapung jenis daratan. Wkwkwkwkwk

Bima Berbenah mbuhura (rusak) dunia ree Aba Dhayat ðŸ˜‚😂

Aba Dhayat Kota Bima hebat.

Bima Berbenah kota bima pasti hebat tapi yg menahkodai masih perlu di bumbui tanda tanya ðŸ˜‚😂

Aba Dhayat Kombi wt wr ma bade terapung ambina (mungkin tidak ada yang mengerti terapung kali).
Bedi Abu Terapung nggahi mbojo na ese wawo oi.. (terapung bahasa bimanya di atas permukaan air) ahaha
Aba Dhayat Kombi timbun wau ni (mungkin timbun dulu) bang Bedi Abu, trus ngena mai mbere ampo na nggee ese wawo oi (terus tunggu datang banjir baru letaknya di atas air)
Bedi Abu Agagaga..agagaga, sodi pu la (tanyakan) Bobiky Boby ma bade (yang tahu) Aba Dhayat atau om Mon wati si re (Om Mon tidak berani) Dae Yu...ahaha
Aba Dhayat Hahahahah. kombi sia doho tolu ede kontraktor na re (mungkin mereka bertiga kontraktornya)
Bobiky Boby Ncihi ede ni (benar itu) Aba Dhayat n Bedi Abu.. Timbun heko wau sampe di lawata waude landa setengah dana ra timbun re hsilna ampo katuu masji terapung... (ditimbun keliling dulu sampai lawata, setelah itu setengah lahan yang ditimbun hasilnya batrbaru dijadikan lahan mesjid terapung) 
Aga..agaaa.. Ko masyarakat mau saja di bodohin.. Masjid terapung ko di timbun..??? Kl menurut sya lbh baik anggarkan buat sigi nae (mesjid Agung) saja.. Bune om (Bagaimana) Wahyu Nikirawi. Ra om (dan) lhamuddin..
Aba Dhayat Tahopu tu,u da maipu rumah makan mawar ede, tinggal karata, wt nae biaya di mpaa timbun kai.  (lebih baik di bangun sebelah utara rumah makan mawar itu, tinggal diratakan, tidak besar anggaran timbunnya)
Ake cumpu kaina masjid terapung ditimbun. (ini akhirnya mesjid terapung di timbun) Wkwkwkwkwwkw

Agagagagaga

Ckckckck
Bedi Abu Ede taroaaa,,(itu jelas) agagagaga

Aba Dhayat Pai bade di timbun ndake ka waur weli doro, trus coha dana na landa ta sia doho ma raka proyek ede. Pai ndede ore piti di lao kliling kai Indonesia. (coba ditahu di timbun seperti ini lebih baik beli gunung, terus diambil tanahnya dan jual kepada mereka yang dapat proyek tiu. Coba begitu banyak uang untuk keliling Indonesia)
Bedi Abu Bune (bagaimana) menurut p ketua om NazamuddinNazam Emi, hehehe
Bedi Abu Ake ku Masjid Terapung aka pantai Losari makasar

Aba Dhayat Masjid terapung pantai losari hanya dibuatkan tiang, gak ditimbun timbun timbuuuun.
Aba Dhayat Laina (bukan) kontraktor, tapi tim penilainya. Aga aga aga aga
Wahyu Nikirawi Bune (bagaimana) penilian nggomi (kamu) ta ese re (di atas) dayat, terapung atau pelampung...
Bima Berbenah berenang esere (di atas) ngarana (namanya) bung Wahyu Nikirawi ðŸ˜‚😂😂😂
Abu DA Mesjid tepian air

Bima Berbenah MASJID BERENANG ini namanya ðŸ˜‚😂

Zainul Arifin Jawaban a. Kalau masjid terapung maka tiang tiangnya di tancap bukan di maaukan tanah baru dibangun diatasnya. 
Jangan rakyat dibodohi ......
Muhammad Djalil wali kotanya penuh dengan keanehan bahkan pembodohan kalau saya salah silahkan ambil langkah hukum bagi konconya walikota banya yg di bikin bodoh oleh wali kota ini sebenarnya, rumah sakit terlantar bangun sd tdk rampung, pembuatan drainase kontrivesi, begal, pengangguran, masalah anaknya banyak sekali
Bima Berbenah mau kemana arah kita hari ini bung Muhammad Djalil kalau sudah seperti ini??

Muhammad Djalil wallahua'lam, saya 20 nerantau baru pulkam bukan 1 kemarin selama 3 bulan lebih saya sangat terpukul saya hampir dibegal di tengah kota tdk jauh dari kantor polis
Muhammad Djalil di sekitar saya rumah saya datang hujan orang berbondong bondong mengumpulkan barangnya mengungsi ke sd itu terus berulang
Bima Berbenah yang pasti pembangunan infrastruktur kota bima hari ini bukan untuk masyarakatnya..
Muhammad Djalil sampaikan ke wali kota anda saya mau singel denga beliu kalau memang berani sebarkan jangan pake juru bicara langsung orang nya
Agus Ismail Kasih dia aqua bosss
Bima Berbenah hahahaha.. mango wo'ona pala dou doho kaa (haus ternyata orang-orang itu) ðŸ˜‚😂
Agus Ismail Jelas ka nii, and kurang piknik menae na
Bima Berbenah wkwkwk.. malum sidoho ma ngau kaa (maklum mereka orang hebat) ðŸ˜‚😂
Muhammad Djalil siapa yg haus
Muhammad Djalil saya bukan haus tapi sangat malu
Agus Ismail Maka nya 2017 kita cari yg punya hati boss, jng yg berhati-hati, nanti kita yg mati,
Bima Berbenah yang ngerjain masjid berenang om Muhammad Djalilyg haus ðŸ˜‚😂
Muhammad Djalil pajang baliho depannya saya tantang juga cara membangun mesjid apung nya kalau mau liat mesji apung di Kota Palu Sulteng itu tdak ada timbunan tapi jembatan dengan pancang tiang
Agus Ismail Yg nama nya apung ya apung om
Muhammad Djalil naksud saya contoh mesjid apung di kota palu tdk pake timbunan kok di bima pake
Muhammad Djalil siapa yg mau pajang baliho mesjid apung dan mesjid darat entar saya yg edit saya kirim balihonya
Agus Ismail Krn di bima kan banyak orang yg pintar bang, makanya gitu kontroksinya
Muhammad Djalil sy sebenar tdk pintar hampir semua kota di pulau sulawesi say sdh injak tp tdk ada cara seperti itu
Om Fen pemborosan anggaran.. 
Tidak tepat guna..

proyek dgn nma yg aneh agar biaya semakin banyak..
Muhammad Djalil alasan banjir karena tempat akhir keluar air sempit ini penjelasan bodoh bapak wali kota kok bisa banjinya deri atad seharusnya dari ujung muara mulai banjirnya lari naik keatas sangat membodohkan
Agus Ismail Bukan pemborosan anggara om fen, tp pemadukan ke saku om

Ruslan Arbai Sya lbih setuju danaxa di arahkan utk mnuntaskan masjid raya.. syang masjid besar kota bima tpi pmbangunanxa terlunta lunta...
Om Fen Masjid Raya Yg ada di sebelah timur Asi Itu yg harus di benahi..

Agus Ismail Katanya klu musibah banjir ini adalah dosa kita" semua

Muhammad Djalil memang banjir dari kelakuan manusia ketika pemimpim tdk mengarahkan dan mbericontoh memberi gebretan baru jadinya begini banjir jadi dosa wali kota juga kan
Muhammad Djalil walikotanya juga berdosa sdh jelas kan kita semua tanpa terkecuali

Fahrin Masjid Daratan .....

Om Fen indonesia Awal thn 2017 semua terkena bencana..
bukan hanya kota Bima..

komen ntuk masjid terapung yg ada di ama hami saja biar yg ada di grup ini tau..
Winda Agustina Maaf ikut nimbrung dongg setau saya mesjid terapung itu gak ada timbunan tanah di dalam laut cuma pondasi tiang mesjidx yg ke atas itu lngsung d dlm air,dan seputaran laut tdak ada timbunan tanah bgtu sihh perrnah lihat mesjid terapung makassar bagus banged pinggir pantai gtu
Pua AL Takut tenggalam anggaran kurang asal ada air aja...

Tadir Singh Mungkin yg ditimbun itu utk dijadikan basemen. Parkiran...

Baru tiang di pancang kyk bikin rumah panggung gt. Mungkin re...
Muhammad Djalil bisa jadi juga
Tadir Singh Kita tunggu aja sampai selesai. ðŸ˜

Muhammad Djalil klu sampai selesai klu salah berarti kita di begokin dong dimana mana org membangun pasti ada gambarnya biasa diekspos gambarnya supaya masyarakat bima bangga

Tadir Singh Itu sdah ada yg posting gambarannya. Denahnya.

Tp ya ituuu, yg jd persoalan kok di timbun. Klo memang ditimbun kan namanya bkn terapung.

Atau mungkin terapung model baru broh. Heeehe
Bimo Putra S7...sbnrx yg nmx terapung...hrs ad pondasi dasar baton...pi apa iya ad basman di bwah masjid terapung...gk msk akl jg lw di pkir scr logika

Tadir Singh Iyaaa, masjid terapung di pantai losari aja kaga ditimbun klo gk salah. 

Ambil cintoh yg dekat aja, mungkin kalian pernah ke pelabuhan sape. Kan ada tuhh masjid dekat situ, itu masjid terapung looooh. Tdk ditimbun, tiang di pancang lngsung ke laut.

Muhammad Djalil lebih bagusnya dena atau gambar nya di pajang
Bedi Abu Ini dia denah masjid terapung dibuat Universitas Pertra surabaya.

Foto Bedi Abu.
SukaBalas15 jam
Rima Melati Suci Cari kerjaan, proyek. Kenapa tidak melanjutkan saja menyelesaikan masjid raya supaya wajah kota menjadi indah dan. Bermanfaat,
Muhammad Djalil wali kota cari muka padahal org pada tahu kinerjanya nol besar yg memujinya hanya timses dan birokrasi
Azriaddin Addin Terapung juga daratan, 

Memang dou Mbojo na'nggonggi ndi rawina lao saronggi2
Onexs Kota amburadul...
Ramli Ram "Astagfirullah..."Berapa Ramai Manusia Yang Masih Hidup Dalam Kelalaiyan, Sebab Periksalah UJIAN Allah Atau AZAB Allah Maka Sesungguh-Nya JAGALAH Diri Mu Dari MURKA Allahu Ta'ala".
Agani Abdullah Shanty Mau disebut Masjid Daratan, Masjid Terapung atau Masjid Reklamasi itu tdk terlalu penting krn dilihat dari sudut pandang azas manfaatnya blm begitu diperlukan karena ada yg Emergenci sekali yakni penyelesaian pembangunan Masjid Raya Al Muwahidin yg jadi aicon sekalian lambang kejayaan Islam Dana Mbojo...
Bima Berbenah kamipun sependapat pak Agani Abdullah Shanty..

Jainudin Gafur Jain Bodoh....... itu nama nya bukan mesjid terapung mejid reklamasi ku ngarana
Anis Ahyar Yang apung tu anggaranya ,coba rampung kan dulu mesjid raya tu ,baru bangun baru ,terima kasih om
Arif Ali Masjid ini dibangun hanya untuk menarik wisatawan , , ,

Agus Ismail Masak masjid unt rekreasi mas Arif Ali, piye jenengan ini

Arif Ali Iyalah, , ,ngapain di bangun di pinggir pantai, , ,g ada tempat lain, , ,itu dibangun hanya untuk daya tarik tidak lebih
Agus Ismail Oh gitu, biasa lah bang katanya ustad , supaya ada yg di bicara in, sama yg masih hidup, istilah nya cari sensasi gitu,
Supratman Supratman kenapa ndak: gedung serbaguna,museum,perpustakaan atau sanggar seni terapung aja yaa...., tapi kl masjidx rampung moga aja jamaahx ramai. Aamiin
Arif Ali Setuju pak supratman, , , ,
Om Fen Aminn... 
tp di blakang koramil dah ada masjid..
Agani Abdullah Shanty Membangun itu hukumnya wajib dengan berorientasi pada azas manfaat serta kemaslahtan untuk orang banyak harus alias wajib diutamakan...

Redaksi Metromini, yang membaca seluruh diskusi Netizen dalam postingan yang dilempar akun Facebook Morina Mantika, sejak Minggu, 23 April 2017 kemarin, hingga komentar terakhir merasa kecewa dengan kebijakan Wali Kota Bima yang terkesan memaksakan membangun mesjid yang gembar gembor awalnya bernomenklatur Mesjid Terapung (rumah adat), namun pada saat pelaksanaannya adalah menimbun laut di watasan Pantai Amahami, Kelurahan Dara, Kota Bima. (RED)

Related

Politik dan Hukum 4045094327009065269

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item