Gempa Bumi 5 SR, di Kedalaman 10 KM di Arah 58 KM Timur Laut Bima

Titik gempa yang dilansir situs Facebook Stasiun Meteorologi Bima. METROMINI/Dok

KOTA BIMA - Gempa kembali mengguncang Bima yang menyebabkan kapanikan warga, Kamis (13/7/2017) malam sekitar pukul 22.30 WITA..

Informasi dari BMKG Bima, kekuatan gempa 5.0 SR pukul 22:30:33 WITA. Lokasi Lintang 8.25 LS, Bujur 119.23 B, dengan kedalaman 10 Km.

Lokasi gempa diperkirakan di wilayah Flores-NTT atau 58 km Timur Laut BIMA-NTB. 


"Keterangan itu berdasarkan posisi sensor gempanya di sekitar wilayah Sumbawa. Dan gempa ini tidak berpotensi untuk terjadinya tsunami," ujar situs Facebook Stasiun Meteorologi Bima.

BMKG Bima pun mengaku untuk pusat data gempa ini dikeluarkan oleh BMKG Pusat di Jakarta.  Setelah diterbitkan oleh BMKG pusat yang dicantumkan dalam keterangan data tersebut. Kemudian dishare oleh akun BMKG di daerah. Dan jika ada gempa susulan, BMKG pun akan mengeluarkan informasi lebih lanjut.

BMKG mengaku, bencana gempa bumi tidak bisa diprediksikan sebeblumnya. Pihak BMKG hanya merilis ketika gempa atau bencana lainnya telah terjadi beberapa saat kemudian.

"Jika da gempa susulan, nanti akan diinfokan lagi. Biasanya, kekuatan gempa susulan tidak sebesar gempa utama. Dan gempa tidak bisa diprediksi atau diperkirakan sebelumnya kapan akan terjadi.," rilisnya. 

"Pihak BMKG setelah gempa berlangsung, baru beberapa saat kemudian merilis untuk informasi pusat gempa dan keterangan lainnya yang disampaikan kepada publik," tulis akun Stasiun Meteorologi Bima dalam membalas komentar warganet pada status upload pusat gempa di akun FB-nya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 3620295706250786031

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item