Empat Rumah Panggung Ludes Terbakar, Dini Hari Tadi

Sebanyak empat rumah panggung milik warga ludes terbakar di Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Jumat (3/8/2018). FACEBOOK/Netizen
KABUPATEN BIMA - Sebanyak empat rumah panggung milik warga Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), ludes terbakar Jumat (3/8/2018).

Diduga kebakaran hebat  yang menghanguskan sejumlah rumah warga ini akibat hubungan arus pendek listrik disebuah bangunan. Empat unit rumah panggung berukuran 12 tiang itu diketahui milik Baitin (42), H Anwar (70), Amirudin (50) dan Juremis (50).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 03:00 WITA.

"Penyebab kebakaran berasal dari arus pendek listrik disalah satu rumah warga dan menjalar ke rumah warga lain,"kata Bambang.

Ia mengatakan, api pertama kali diketahui oleh salah satu penghuni rumah titik sumber api. Ketika melihat api mulai membesar, pemilik rumah bersama masyarakat kemudian berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Akan tetapi usaha itu tak berhasil. Karena bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar, api terus membesar dan merembet ke rumah warga lain. Akibatnya, 4 unit rumah panggung berukuran 12 tiang beserta isinya ludes terbakar.

Untuk memadamkan api, dua unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD dan Pemda Bima dikerahkan ke lokasi. Sekitar pukul 05:00 WITA, petugas Damkar akhirnya berhasil menjinakan api.

"Empat rumah panggung yang ludes terbakar ini berada di RT 3 Desa Ngali. Untuk sementara para korban kebakaran mengungsi ke rumah keluarga terdekat," kata Bambang.

Menurut Bambang, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Sementara kerugian material keseluruhannya belum bisa disimpulkan, karena petugas sedang melakukan pendataan.

"Kerugian belum diketahui, akan dilakukan kaji cepat oleh pemerintah Desa dan BPBD Kabupaten Bima,"pungkasnya.

_________________
Berita ini telah dirilis oleh situs www.kompas.com, dengan judul berita, "Akibat Arus Pendek Listrik, 4 Rumah Panggung di Bima Ludes Terbakar"

Related

Kabar Rakyat 2704025848063841948

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item