Pengumuman Kelulusan Administrasi CPNS Kabupaten Bima Ditunda, Ini Alasan Kepala BKD

Kapala Badan Kepegawaian Daerah dan Penelitian Pengembangan (BKD Diklat) Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos. METROMINI/Agus Gunawan
KABUPATEN BIMA - Rabu, 24 Oktober 2018, bagi pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (SPNS) yang mendaftar secara online peda penerimaan serentak oleh berbagai Lembaga Negara baik tingkat pusat dan daerah bisa mengetahui hasil keluluesan administrasi dalam pengajuan bahan yang telah dilakukan oleh peserta. 

Namun, di tengah pengumuman hasil kelulusan seleksi administrasi tersebut, ternyata, dari beberapa pemerintah daerah masih ada yang belum mengumumkan hasil kelulusan tersebut, seperti Pemerintah Kabupaten Bima. Kondisi ini pun menjadi pertanyaan bagi para pelamar atau peserta yang telah mengajukan pendaftaran secara online untuk formasi CPNS yang ada di Pemerintah Kabupaten Bima. 

"Kami mempertanyakan, kenapa Pemkab Bima saja yang belum mengeluarkan hasil kelulusan selesksi administrasi secara online seperti yang dilakukan pihak Pemerintah Daerah lainnya. Harusnya pengumuman itu sudah disosialisasikan sejak hari Rabu (24/10/2018) sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya," ucap Ayu (nama samaran), salah seorang peserta yang menanyakan hal ini ke Metromini, Kamis kemarin. 

Menanggapi hal tersebut, Kapala Badan Kepegawaian Daerah dan Penelitian Pengembangan (BKD Diklat) Kabupaten Bima, Armin  Farid, S.Sos mengakui memang seharusnya jadwal pengumuman kelulusan administrasi para peserta CPNS Kabupaten Bima Tahun 2018 ini disampaikan pada hari Rabu (24/10/2018) kemarin. Namun, kondisinya saat ini, data-data administrasi para peserta masih dilakukan verikasi oleh Tim atau Panitia.

Kata dia, jumlah peserta atau pendaftar CPNS di Kabupaten Bima ada ribuan orang. Teptanya sekitar 9.700 pelamar. Karena banyaknya jumlah pelamar dan belum selesai proses verifikasi yang dilakukan, maka pengumaman kelulusan administrasi ini sedikit terlambat.

"Untuk pengumuman kelulusan administrasi memang belum disampaikan kepada publik. Karena sampai saat ini teman-teman di Tim atau Panitia seleksi CPNS masih melakukan verifikasi terhadap 9.700 pelamar CPNS di Kabupaten Bima," jelas dia di ruang kerjanya, Kamis (25/10/2018) kemarin.

Armin menambahkan, lambatnya pengumuman ini diterbitkan karena juga faktor jaringan atau sinyal yang bermasalah pada pekan lalu. Akhirnya, proses yang terjadi mengalami pergeseran dan untuk proses verifikasi data pelamar ternyata membutuhkan waktu yang lebih dari rencana yang sudah ditentukan sebelumnya.

Ia berjanji, dalam waktu dekat, pengumuman kelulusan administrasi ini akan segera disampaikan. 

"Hambatan atau kendala lain yang kami hadapi yaitu masalah jaringan internet beberapa waktu yang lalu dan mengakibatkan terjadinya pergeseran waktu untuk memverifikasi data-data peserta. Insya Allah dalam waktu satu atau dua hari ke depan, hasil itu akan segera kami umumkan," ucap dia.

Ditegaskannya, pada hasil kelulusan final maupun kelulusan administrasi merupakan hasil murni dari data dan kemampuan yang dimiliki oleh para peserta. Ia menghimbau, agar para peserta jangan percaya kepada siapapun yang mengiming-mengimingkan sesuatu dan menjanjikan bisa memberikan kelolosan pada seleksi CPNS di Kabupaten Bima pada tahun 2018 ini.

"Kami harap para peserta tidak percaya jika ada pihak yang menjanjikan bisa memberikan kelulusan pada proses seleksi CPNS di Kabupaten Bima. Kami tegaskan, kelulusan CPNS di Kabupaten Bima akan ditetapkan hasilnya sesuai dengan kemampuan dan prestasi para peserta," terangnnya.

"Bukan karena hasil suap atau janji dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Kalau ada yang menawarkan bisa memberi kelulusan, harap jangan dipercaya. Itu tidak benar dan itu di luar tanggungan kami," sambung mantan Kabag HumasPro setda Kabupaten Bima itu. (RED)

Related

Pemerintahan 3327710184885573620

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item