Desak Pengurus Gelar LPJ dari Tahun 2015, Jika Tidak Warga Ancam Segel Gedung BUMDes Boke-Sape

Ilustrasi. GOOGLE/Image
KABUPATEN BIMA - Seorang warga yang mengaku bernama Lanang mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Boke, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima sejak didirikan dari tahun 2015 diduga pengurus tidak transparan dalam mengelola keuangan. BUMDes bernama BUMDes Oi Lawu" Desa Boke, tidak saja kali ini mendapat sorotan. Tahun sebelumnya, sorotan warga pun melayang kepada pengurus BUMDes tersebut.

Kata Lanang, dari dirikannya sejak 2015 lalu hingga sekarang, pihak pengelola yang diminta pertanggungjawabannya dari uang BUMDes yang dikelolanya, tak juga mengindahkan aspirasi dan masukan dari warga. 

"Sejak tahun 2015 lalu didirikan, pengelola BUMDes Oi Lawu, Desa Boke, Kecamatan Sape sampai detik ini belum juga menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan uang BUMDes kepada masyarakat," ujar dia, Sabtu (17/11/2018) malam.

Menurutnya, sejak lama, masyarakat menunggu LPJ dari pengurus atau pengelola BUMDes, Bahkan, sejak tahun 2016 lalu,  masyarakat sudah meminta kepada pengurus untuk segera menyampaikan laporannya. 

"Di tahun 2016, kami sudah desak untuk segera disampaikan LPJ uang BUMDes, Dan di tahun 2017 lalu, sama juga. Warga mendesak kembali kepada pengurus untuk melakukan laporan pertanggung jawaban atas anggaran yang dikelola oleh BUMDes selama ini," tukasnya.

Namun, kata dia, lagi-lagi pengurus BUMDes Oi Lawu tak mengindahkan permintaan masyarakat. Alasanj pengurus, kuitansi dan nota belanja sudah tidak ada. Dan juga Rencana Anggaran Biaya (RAB) maupun gambar dari pembangunan gedung BUMDes Oi Lawu tahun 2018 ini selesai.

"Alasan  pengurus tidak lengkapnya nota-kota dan kuitansi penggunaan uang. Alasan lain belum selesai gambar gedung BUMDes dan pembuatan RAB-nya. Inikan alasan yang lucu kalau kami dengar dari pengakuan pengurus," terangnnya.

"Intinya, di tahun 2018 ini, kami selaku warga mendesak pengurus segera menyampaikan SPJkami akan segel gedung BUMDes Oi Lawu yang diduga pengurusnya tidak transparan dalam mengelola uang rakyat yang masuk di BUMDes Oi Lawu," tambah dia.

Sementara itu, pengurus BUMDes Oi Lawu, Desa Boke, Kecamatan Sape, dalam upaya konfirmasi terkait pemberitaan ini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 9202536121344127869

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item