Tiga Rumah Hangus, Mobil Damkar Belum Hadir Padamkan Api di Kole-Ambalawi

Kebakaran yang terjadi dini hari ini di Dusun Nggaro Rangga, Desa Kole, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA - Kebakaran kembali melanda di wilayah Kabupaten Bima. Aksi si jago merah, Senin, 12 November 2018 dini hari atau sekitar pukul 01:15 WITA terjadi di Desa Kole, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima.

"Kebakaran yang terjadi tepatnya di RT. 02/03, Dusun Nggaro Rangga, Desa Kole, Kecamatan Ambalawi, Kabupaten Bima," ucap seorang warga, Sumardiansyah, Senin (12/11/2018).

Sumardi mengatakan, kondisi kebakaran yang terjadi sudah menghanguskan tiga rumah yang ada saat ini. Kondisi api yang kian membesar, hanya dipadamkan secara manual dan bergorong royong oleh para warga dan pemilik rumah. 

"Sudah tiga rumah yang terbakar. Dan api kian membesar, sementara proses pemadaman hanya dilakukan secara manual oleh pemilik rumah yang dibantu para warga," ujar dia via ponselnya.

Baca juga: Kebakaran di Kole, Warga Sita Mobil Damkar Milik Pemkab. Permintaan Warga Diamini Kasat Pol PP

Diakuinya, kebakaran yang sudah melahab habis tiga rumah ini, belum ada tanda-tanda datangnya mobil pemadam kebakaran (damkar) yang dikirim oleh pemerintah. Kendati, kata dia, pihak warga sudah mencoba menghubungi aparat pemerintah setempat untuk segera menghadirkan mobil damkar untuk proses pemadaman api yang kian membesar ini.

"Sudah dihubungi pihak pemerintah setempat oleh warga. Namun, tanda-tanda kedatangan mobil pemadam belum juga muncul saat ini. Padahal tahun lalu juga terjadi kebakaran dan kami pun telah meyototi soal mobil damkar ini," tandas dia.

Ia mengaku kecewa dengan kurang sigapnya cara pemerintah dalam menyiapkan dan memposkan mobil pemadam kebakaran yang tidak dimiliki oleh kantor Camat Ambalawi saat ini. Soal sebab, Sumardi mengatakan, pihaknya belum mengetahui persis awal mula kebakaran yang yang terjadi.

"Saya keluar rumah api sudah membesar. Dan saya tidak mengetahui awal kebakaran ini terjadi," ucapnya. 

"Dan soal keberadaan mobil pemadam yang tidak ada di Kecamatan Ambalawi tentu sangat disesalkan. Tindakan pemerintah dalam rangka persiapan menghadapi bencana seperti kebakaran, sangat lemah dan mengecewakan," sorot dia melanjutkan.

Di sisi yang berbeda, pihak Kantor Kecamatan Ambalawi atau kantor BPBD Kabupaten Bima masih dalam upaya konfirmasi atas pemberitaan ini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 3254333847243020322

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item