TMMD ke 103 Kodim 1608/Bima Tahun 2018 Resmi Ditutup Danrem 162/WB Resmi

Kegiatan penutupan secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. METROMINI/Dok
KABUPATEN BIMA – Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani S.Sos SH. M.Han menutup secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103 tahun 2018 di lapangan bola Desa Lambu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Selasa (13/11/2018).

Dalam upacara penutupan yang berlangsung pagi tadi, dihadiri juga oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri dan juga jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Bima, Tampak pula Anggota DPR RI, H. M. Syafrudin ST, jajaran Dandim se Pulau Sumbawa, Musipka Lambu, Kepala Desa se Kecamatan Lambu, okoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat se tempat yang ikut meramaikan acara penutupan.

Amanat Kepala Staf TNI AD (Kasad)  yang selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) dalam yang dibacakan Danrem 162/WB mengatakan bahwa semangat kebersamaan dan gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan selama kegiatan TMMD merupakan kekuatan yang sangat besar dari komponen bangsa dalam membangun negeri ini.

“Semangat kebersamaan inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara,” tegasnya.

Danrem melanjutkan, imunitas bangsa pada dasarnya merupakan wujud kepedulian dan keprihatinan TNI AD dalam memandang persoalan sosial yang berakar dari perubahan sikap hidup dan pudarnya nilai-nilai luhur bangsa, seperti semangat untuk bersatu, menghormati perbedaan, pantang menyerah dan rela berkorban.

"Konsep pemikiran ini merupakan salah satu jawaban atas kondisi bangsa kita yang semakin rentan atas pengaruh buruk modernisasi dan globalisasi. Sehingga lebih mementingkan pembangunan fisik dan melupakan pentingnya pembangunan nilai yang merupakan kunci kemajuan budaya suatu bangsa di tengah kompetisi global dewasa ini," tegas Danrem.

Mengakhiri sambutannya, Kasad selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan ucapan terimakasih dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementerian, Pemerintah Daerah dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama Prajurit TNI dalam mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran TMMD.

Adapun tema yang diusung pada TMMD ke 103 ini, sambung Danrem, TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis”. Dan juga sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran”.

Usai melaksanakan upacara penutupan, Danrem menyerahkan sembako dan memberikan hadiah kepada pemenang lomba Pramuka dan meninjau pasar murah dan pengobatan massal bersama Bupati Bima.

Sementara itu, Program TMMD ke 103 tahun 2018 di wilayah Kodim 1608/Bima yang dipusatkan di Desa Lambu dan Desa Soro, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima dari tanggal 15 Oktober s/d 13 November 2018 telah dilakukan berbagai kegiatan pembangunan fisik dan non fisik.

Dalam laporannya, Dandim 1608/Bima Letkol inf Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan, secara umum kegiatan fisik yang dilaksanakan antara lain di Desa Lambu yakni, pembangunan Masjid Ar-Rahman, pembangunan 2 unit Poskamling, peningkatan jalan usaha tani sepanjang 2.500 meter dan peningkatan jalan alternatif yang menghubungkan Desa Lambu dengan Desa Nggelu sepanjang 3.200 meter.

Sedangkan di Desa Soro kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pembangunan tempat pembuangan sampah (TPA), perbaikan Mushola dan pembangunan 1 unit Poskamling.

Sementara dalam kegiatan nonfisik ada 13 item program yang dilaksankan sperti penyuluhan Wasbang, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan perbankan, penyuluhan budaya rumput laut, penyuluhan KB, penyuluhan kesehatan, penyuluhan ketahanan pangan, penyuluhan kebudayaan dan pariwisata, penyuluhan hukum dan Ham, penyuluhan agama, penyuluhan sosial masyarakat, kemah bela negara dan hiburan pemutaran film perjuangan.

"Seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke 103 di wilayah Kodim 1608/Bima tahun 2018, baik kegiatan fisik dan non fisik sepenuhnya telah rampung dilaksanakan 100%. Dan masyarakat kini dapat menikmati dan merasakan hasil karya jajaran TNI tersebut," tutup Bambang. (RED | ADV)

Related

Pemerintahan 176346972152560246

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item