Kepala Dinsos Kota Bima Tegaskan Program Bantuan Untuk 100 Warga Lanjut Usia Sesuai Aturan

Kepala Dinas Sosial Drs. H. Muhidin, MM saat memberi bantuan untuk warga lanjut usia di kantornya. METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Sorotan yang menerpa Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima dalam program bantuan untuk 100 penerima manfaat kalangan lanjut usia ditanggapi langsung oleh Kepala Dinas Sosial, Drs. H. Muhidin, MM kepada media ini, Kamis, 23 Juli 2020. 

Muhidin menjelaskan, program bantuan untuk lanjut usia anggarannya dalam DIPA Dinas Sosial Tahun 2020 sebesar Rp150 juta. Di dalamnya diberikan berupa barang jenis pangan selama 5 bulan dan barang jenis sandang selama 1 bulan.

"Total penerima bantuan ada 100 orang warga lanjut usia. Bantuan berupa barang jenis pangan dan barang jenis papan. Kalau dihitung dengan yang, masing-masing penerima bantuan mendapat barang yang nilainya sekitar Rp1.500.000," jelasnya.

Lanjut dia, setelah ditentukan pihak ketiga sebagai penyedia barang yaitu CV. Kawuncu yang Direkturnya adalah Syamsudin. Barang dibelanjakan sesuai dengan spec yang sudah ditentukan dan nilainya pun dipotong pajak. 

"Tidak benar informasi ada dugaan mark up dalam kegiatan ini seperti telur yang harganya Rp5.000. Yang benar harga satuan telur sebesar Rp2.200. Telur yang diberikan juga yang kualitas bagus jenis B1 yang besar. Dan kenapa harganya Rp2.200 selain sudah ditambahkan dengan biaya pajak, ditambah pula biaya packing dan transportasinya," terang dia.


Kata dia, program bantuan ini sebenarnya sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagaimana yang ada dalam aturan. Dan kegiatan pemberian bantuan ini juga sudah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Barang dan dinilai sudah sesuai ketentuan. 

"Proyek bantuan ini sudah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Barang sebelum pendistribusian diberikan kepada para penerima manfaat. Dan dalam penilaian Tim semuanya sudah sesuai, baik jenis dan jumlah barangnya juga tak ada masalah," tutur Kadis via ponselnya, Kamis (23/7/2020) siang ini. 

Diakuinya, memang bantuan barang jenis sandang dan pangan ini awalnya akan diberikan kepada para lanjut usia sekali dalam sebulan. Berlaku selama enam bulan. Karena Corona, akhirnya bantuan ini diberikan sekaligus. 

"Semuanya pun terkordinasi dengan Tim Pemeriksa. Tak benar jika ada dugaan masalah apalagi adanya mark up dalam kegiatan ini," pungkas dia menegaskan.

Ia menambahkan, setelah dinilai tak ada masalah oleh Tim Pemeriksa, pihaknya langsung memberikan bantuan yang ada kepada para penerima manfaat di kantornya. Saat ini, program ini sudah selesai dilaksanakan. 

"Bahkan para orang-orang tua yang menerima bantuan ini mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bima atas adanya bantuan di masa pendemi Corona saat ini," tutup Muhidin. (RED)

Related

Pemerintahan 4589669552324198012

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item