Kerjasama BNI Salurkan Kartu Tani, Abdurahman: Kartu Ini Bisa Membatu Petani Sanggar

 

Kepala BPP Kecamatan Sanggar Saat Bagikan Kartu Tani Pada Poktan.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Kepala Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima,

dan BNI Cabang Bima menyalurkan Kartu Tani (KT) kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) yang ada di 6 Desa di kecamatan setempat.

Kepala BNI cabang Bima melalui Hasan menyatakan, Kartu Tani tahap pertama yang disalurkan saat ini merupakan dari data yang diajukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), Kecamatan Sanggar. 

"Data yang diajukan oleh BPP tahap pertama  sebanyak 1. 200 KT. Kita akan menerbitkan lagi pada tahap berikutnya," jelasnya Rabu (28/10/2020)

Hasan berharap,  dengan sudah salurkan Kartu Tani tahap pertama untuk Poktan di beberapa Desa Ini dapat membantu Petani. 

"Semoga, dengan terbitnya KT ini, dapat membantu para petani dalam memenuhi segala kebutuhannya," terangnya.

Ditempat yang sama,  Kepala Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Abdurahman mengaku,  jumlah petani yang mendapatkan Kartu Tani sebanyak 1.200 orang, yang terbagi 6 Desa di Kecamatan Sanggar. 

"Jumlah KT yaitu 1. 200 yang bagi pada enam desa terdiri dari  Poktan Desa Kore terdiri dari 577, Desa Sandue 53, Desa Taloko 324, Desa Boro 34, Desa Piong 84,  dan Poktan Desa Oi Saro 76 kartu tani," jelasnya

Dikatakannya, penyaluran Kartu Tani (KT) tersebut, dilakukan oleh petugas BNI Kantor Cabang Bima, kepada Poktan yang ada di enam Desa se- Kecamatan Sanggar. Penyaluran KT, yang merupakan program pemerintah yang menjalin kerja sama dengan BNI. Tujuannya adalah, digunakan transaksi oleh masing-masing Poktan, termasuk penyaluran subsidi pupuk bagi petani. 

"Itulah salahsatu tujuan dari pembagian KT ini, untuk sejumlah Poktan yang ada di Kecamatan Sanggar," terangnya. 

Lanjutnya, "Pembagian KT juga, bisa dipergunakan melakukan pembayaran listrik BPJS, Tabungan, mengajukan pinjaman dengan persyaratan seperti fotocopy KTP, KK dan sejumlah persyaratan lainnya," katanya. 

Kata Abdurahman, KT dapat memberikan motivasi bagi Poktan untuk lebih meningkatkan produktivitas pertanian dan akan menambah pendapatan serta dalam jangka panjang meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Dengan pembagian KT ini, mudah- mudah dapat memberikan manfaat bagi seluruh Poktan yang ada di enam desa se- Kecamatan Sanggar," pungkasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 3681846446592483508

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item