Kegiatan PT HP di Labuan Kananga-Tambora Merusak Lingkungan Dan Bahayakan Warga

Kegiatan Galian C PT Harapan Putra di Rt 11 Rw 2 Dusun Sori Sumba Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - kegiatan Galian C PT Harapan Putra di Rt 11 Rw 2 Dusun Sori Sumba Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora Kabupaten Bima dipersoalkan warga. 

Aktifitas perusahan tersebut  sudah berjalan 1 tahu. Bahkan, dari Informasi warga setempat, kegiatan Perusahan diduga tidak mengantongi Izin Operasi dilokasi tersebut. 

Warga juga juga menilai,  kegiatan yang dilakukan oleh Pihak perusahan pemenang tender Jalan Lingkar Tambora tersebut berlebihan mengambil Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di sekitar aliran sungai Sori Sumba sehingga terjadi kerusakan lingkungan dan mengancam kehidupan Warga. 

Salah seorang warga Dusun Sori Sumba, Trimansah mengatakan, adanya galian C oleh perusahan di sungai tersebut merusak lingkungan disekitar lokasi dan bahkan kehidupan Warga sekitar terancam.

"Kondisi lingkungan aliran sungai Sori Sumba sudah memprihatinkan dan membahayakan masyarakat sekitar," jelasnya Rabu (04/11/2020).

Menurutnya, sejak adanya kegiatan perusahaan di sungai tersebut tidak ada lagi air yang mengalir seperti tahun sebelumnya.

"Sungai itu aktif, namun sejak adanya kegiatan perusahaan air tidak mengalir lagi. Pada musim hujan akan banjir, dan pernah terjadi banjir bandang pada tahun 2008," ungkapnya. 

Ditempat terpisah,  Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Labuan Kananga, Hamdi mengatakan,  tidak mengetahui adanya kegiatan perusahaan dilokasi tersebut. 

"Saya tidak tahu menahu tentang izin perusahaan itu, termasuk tentang HO (izin gangguan) dari masyarakat sekitar," akunnya. 

Hamdi menyarakan,  ketika Warga Labuan Kananga terancam dengan adanya kegiatan penggalian di Lokasi tersebut,  ia menyarakan untuk melaporkan masalah ini pada pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan agar memberhentikan Kegiatan perusahan yang merusak Lingkungan tersebut. 

"Kalau ada masyarakat saya ada yang tidak nyaman dan merasa terganggu dengan aktivitas perusahaan itu masih kita turun melakukan klarifikasi bersama kepada perusahaan tersebut," terangnya. 

Sementara pihak PT Harapan Putra masih diupayakan konfirmasi terkait keluhan saat ini. (RED)

Related

Kabar Rakyat 8322651099768927327

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item