Ady Setyawan Pesebakbola Asal Bima, Kini Bermain di PERSEBAYA Jelang Piala Menpora 2021

Ady Setiawan, Pemain Anyar Persebaya Surabaya asal Kabupaten Bima-NTB. GOOGLE/www.tribunnews.com

SURABAYA - Klub sepak bola profesional dan terbilang klup papan atas di negeri ini, Persatuan Sepak Bola Surabaya (PERSEBAYA) resmi mendatangkan gelandang anyar asal Kecamatan Parado, Kabupaten Bima-NTB, Ady Setyawan.  

Ady resmi berkostum hijau hijau usai menandatangani kontrak dengan PERSEBAYA pada Bursa Transfer pemain tahun 2021. Gelandang tangguh asal Bima ini dipercaya PERSEBAYA dengan skill dan speed yang dimilikinya dinilai mampu dan meyakinkan PERSEBAYA sehingga layak bergabung dengan tim klub sepak bola yang berdiri pada 18 Juni 1927 dengan nama asalnya adalah Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Persebaya itu. 

Dilansir dari situs resmi persebaya.id, Ady Setiawan, menjadi Pemain Anyar Persebaya Surabaya Jelang Piala Menpora 2021. Ady Setiawan merupakan satu dari 4 pemain anyar Persebaya Surabaya yang diumumkan hari Kamis (4/3/2021) lalu. 

Ady Setiawan diumumkan menjadi pasukan Bajul Ijo bersamaan dengan striker veteran Samsul Arif, Frank Rikard Sokoy, dan Reva Adi Utama.

"4 Pemain ini dipersiapkan Persebaya Surabaya untuk menghadapi gelaran Piala Menpora 2021 yang akan dimulai 21 Maret mendatang," dikutip dari situs persebaya.id,  Kamis (4/3/2021) lalu. 

Berikut profil dan biodata Ady Setiawan, pemain anyar Persebaya Surabaya jelang Piala Menpora 2021.

Awalnya Ady Setiawan adalah seorang pesepak bola profesional asal Indonesia. Sebelumnya, Ady Setiawan bermain untuk klub asal Indonesia, Barito Putera. Ady Setiawan lahir di Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 17 Juli 1995, tepatnya di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima. Posisi pemain bertinggi 176 cm itu adalah gelandang tengah.

Ady Setiawan berangkat dari sepak bola asal daerahnya, Bima, Nusa Tenggara Barat. Ady Setiawan pun kemudian bergabung dengan klub asal Kalimantan Selatan, Martapura FC pada 2015. Kala itu usia Ady Setiawan masih 20 tahun.

Ketika memperkuat Martapura FC, Ady Setiawan juga dipanggil ke tim Sulawesi Selatan untuk PON Jawa Barat 2016. Ady Setiawan sebelumnya sempat diperebutkan oleh tim Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat untuk ajang PON 2016. Dan nama akun istragmannya adalah @23adysetiawan.

Karir Ady, saat bersama Martapura FC, potensi Ady Setiawan berkembang pesat di beberapa kompetisi dan turnamen yang diikuti. Puncaknya, pada Liga 2 2017, Ady Setiawan tampil solid sebagai gelandang bertahan di Martapura FC.

Penampilannya itu membuat Ady Setiawan dilirik oleh beberapa klub besar. Jelang Liga 1 2018 dimulai, Ady Setiawan bergabung dengan klub raksasa dari Kalimantan Selatan, Barito Putera. Meski masih berstatus pemain pelapis, Ady Setiawan tampil sebanyak 23 kali bersama Laskar Antasari pada Liga 1 2018.

Kemampuan Ady Setiawan yang bisa dipasang sebagai gelandang bertahan, gelandang tengah, dan bek tengah sangatlah bermanfaat bagi skema rotasi pemain Barito Putera di Liga 1. 

Di tahun 2020, Ady Setiawan membela Persela.

Sempat mencatatkan beberapa kali penampilan, penghentian laga membuat masa-masa membela laskar Joko Tingkir usai. Setelah berpamitan lewat unggahan instagram teranyarnya, Ady Setiawan diumumkan sebagai pemain anyar Persebaya Surabaya untuk Piala Menpora 2021.

Ady telah menjalani latihan perdana dengan klub PERSEBAYA surabaya pada Kamis (4/3/2021) lalu,  kini pemain tangguh asal Bima-NTB tersebut akan membela persebaya untuk beberapa musim kedepan. Selain Ady, salah seorang yang menambah kekuatan di beberapa sektor Tim PERSEBAYA, terbaru striker Samsul Arif Munip resmi bersama Ady Setiawan berseragam Bajol Ijo.

Menurut  Adi Setyawan, meski dirinya belum pernah membela timnas namun ia sering menjadi tulang punggung di timnya. Gelandang enerjik ini tercatat pernah menjadi pemain Barito Putera pada medio 2018-2019. Di sana ia menorehkan 35 penampilan dan mencetak 3 gol.

Musim lalu ia membela tim sesama Jawa Timur, Persela Lamongan. Ia selalu tampil sejak menit awal di tiga pertandingan Laskar Joko Tingkir. Pemain kelahiran Bima ini juga sempat mencetak satu gol. Sebelum akhirnya kompetisi dibubarkan. 

Uniknya, Ady juga termasuk dalam skuad Martapura FC di tahun 2017. Di mana saat itu pertandingan yang mempertemukan antara Martapura dan Persebaya selalu berjalan keras.

"Saya salut dengan Bonek. Karena saya sudah pernah menyaksikan sendiri bagaimana stadion dipenuhi Bonek. Baik waktu di kandang Martapura ataupun di Gelora Bung Tomo. Saya sampai merinding waktu itu," kenang Ady dilansir dari surya.co.id. (RED)

Related

Olahraga 2100744507789022764

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item