Tuntut Air Bersih, Warga Rade Blokir Jalan

Warga Desa Rade Kecamatan Madapangga melakukan Pemblokiran jalan.METEROmini/Dok

KABUPATEN BIMA - Masalah air bersih kerap sekali dikeluhkan oleh warga hingga saat ini. Seperti yang dirasakan oleh Warga Rade Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima ini, mereka melakukan pemblokiran jalan Senin 3 Mei 2021, sekitar pukul 09.50 Wita.

Pada aksinya, Warga meminta Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima untuk hadir dan bertanggung jawab atas kekeringan yang terjadi selama ini di Desa setempat.

Warga Desa Rade, Yahya mengatakan, masalah air bersih di Desa tersebut sudah lama dikeluhkan oleh warga. Terlebih di bulan suci ramadan ini, warga sangat mengeluh soal air bersih untuk kebutuhan sehari.

"Jangankan untuk kebutuhan dapur, untuk mengambil wudhu saja susah," katanya (3/5/2021).

Kata dia, persolan air bersih ini belum ada solusi diberikan oleh pemerintah. Bahkan untuk mengadakan sumur Bor di Desa setempat belum bisa direalisasikan oleh Pemda.

"Pemkab Bima belum mampu mewujudkan janji manisnya untuk menyediakan sumur bor, sehingga air bersih menjadi masalah yang tidak kunjung berakhir," ungkapnya.

Sementara Warga lain Faruk mengatakan, penghadangan jalan sebagai rasa kekecewaan kami, terhadap Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima.yang dianggap tidak peduli terhadap nasib warga Rade yang mengalami kekeringan air bersih.

"Kami hanya konsumsi air PDAM, namun jika dilanda kekeringan saat ini, bantuan dari BPBD  juga datang sekali setahun ini menjadi persoalan dasar kami,"katanya.

Terpisah kepala Desa Rade, Afttah,S.Pd mengungkapkan, sebelumnya Pemdes sudah ada upaya dan melakukan lobi sejak dirinya menjabat menjadi kepala Desa Rade.  pasca tahun 2021 ini kita menghadirkan dua program, baik program pusat dan dana DAK yang bersumber Daerah. untuk itu warga harus bersabar menunggu anggaran  400 juta untuk penanganan krisis air bersih katanya.

"Mudah mudahan tahun 2021  ini rencana bor sumur dan bor kanada tahun ini tidak ada kendala," pungkasnya. (RED)

Related

Kabar Rakyat 6891294860774798896

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item