Sipegas Kordinasi dengan PolPP atas Maraknya Ayam Karkas Ilegal

Pengurus Sipegas saat Berkordinasi dengan Sat PolPP Kota Bima

KOTA BIMA.- Asosiasi Pengusaha Unggas (Sipegas) mengatensi atas maraknya ayam karkas atau ayam beku jenis broiler dan Ayam Kampung Super (AKS) masuk di Kota Bima yang sangat merugikan para peternak unggas.

Diketahui ayam karkas tak mengantongi izin dan tanpa label resmi itu acapkali diselundupkan masuk di Kota Bima. Padahal, praktek yang menyalahi ketentuan itu sangat mengganggu pasar peternak dan merugikan peternak

Dalam upaya menghentikan permainan nakal sejumlah oknum tersebut, Sipegas mendatangi Kantor Dinas Pol PP Kota Bima, Kamis (16/9/21) agar bisa menjadi atensi serius dinas terkait agar tidak selalu dirugikan dengan adanya peredaraan tersebut

Ending Suryana Ketua Sipegas Kota Bima di depan Kasat Pol PP Kota Bima M Nur A Madjid menjelaskan, Dinas Pertanian Kota Bima sudah cukup selektif mengeluarkan rekomendasi masuknya ayam karkas. Apalagi, jika sudah panen raya, maka rekomendasi tersebut pasti tidak diterbitkan.

“Namun faktanya, ayam karkas setiap saat tetap masuk dengan cara diselundupkan dengan berbagai cara, termasuk pakai mobil box yang mengangkut produk lain,” Kata Ending.

Kalau ayam karkas sudah masuk secara liar dan tindakan ini tidak pernah diawasi secara rutin oleh instansi terkait seperti Dinas Pol PP, maka tidak akan pernah menyelesaikan masalah klasik yang sering dihadapi peternak setiap tahun.

“Ayam karkas masif masuk dengan bobot besar dan harga murah. Padahal masyarakat tidak tahu apakah ayam ini halal atau tidak. Pun sering tidak memiliki label,” terangnya.

Maka atas persoalan ini, mewakili para peternak di Kota Bima dirinya berharap Dinas Pol PP serius melakukan pengawasan dan menindak tegas oknum – oknum yang bermain terhadap masuknya ayam karkas tanpa izin di Kota Bima tersebut.

“Besar harapan kami kepada Pak Kadis, karena ini serius. Pol PP sebagai aparatur yang menegakan Perda bisa menindaknya,” harapnya

Menjawab keluhan itu, Nor A Majid mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan aparat. Supaya keresahan yang menyebabkan kerugian para peternak ini bisa diatasi

“Pasti, pasti itu, kami akan tindaklanjuti. Tapi kalau bisa, Sipegas juga kabarkan secepatnya kepada kami kapan dan dimana ayam karkas itu masuk, biar kita turun bersama,” katanya.

Sementara yang diketahuinya sambung Nur, masuknya ayam karkas ilegal ini tentu sangat menganggu pasar peternak unggas di daerah. Dirinya pun sejak dulu sudah mengidentifikasi siapa saja oknum yang bermain tersebut, hanya saja belum ada bukti – bukti yang cukup untuk ditindak.

“Makanya terhadap masalah ini, butuh kerjasama lintas sektor dan Sipegas juga, biar secepatnya diselesaikan,” tegasnya.(RED)

Related

Kabar Rakyat 3484409500259649391

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item