Sabtu Budaya dan Rayakan Hari Batik Nasional 02 Oktober 2021, SMKN 3 Kobi Launcing Batik Mantika

Pose Bersama Guru SMKN 3 Kota Bima saat Launching Hari Batik Nasional dan Sabtu Budaya.METEROmini/Dok

KOTA BIMA - Perayaan Hari Batik Nasional yang sekaligus di satukan dengan Acara Launcing Batik Mantika di Lapangan sekolah SMKN 3 Kobi cukup mendapat perhatian publik Pers dan Masyarakat Kota Bima sabtu ( 2 /10/21)

Perhelatan tersebut di hadiri oleh KCD Kota dan Kabupaten Bima, Pengawas Pembina SMK, Kepala SMA DAN SMKN Kota dan Kabupaten Bima,Tokoh Pendidikan, Ketua Darmawanita KCD Dikbud Bima dan Kota Bima dan Darmawanita SMKN 3 Kobi, Pemerhati Pendidikan dan lain-lain

Acara yang dirayakan dengan sederhana namun cukup meriah itu mampu memukau undangan yang hadir, di awali epilog yang menggugah rasa hati tentang pentingnya budaya dan kearifan lokal dilestarikan, tampilan tari kolosal dibawah garapan Ibu Mutmainnah, S. Pd yang mengisahkan proses pembuatan batik, parade Batik Mantika. Lalu acara di tutup dengan sesi Foto Bersama.

Seraya Menikmati tarian dan lokasi Upacara yang dipenuhi oleh batik-batik Karya siswa siswi tamu undangan juga di suguhkan dengan berbagai kue dan jajan buatan siswa siswa SMKN 3 Kobi.

Kepala SMKN 3 Kobi, jainuddin, S. Pd menjelaskan bahwa Batik Mantika adalah batik yang menunjukan identitas keaslian suku Mbojo, dengan 3 motif Utama yaitu, Motif Bunga Satako, Cila Mboko, dan Uma Lengge.

" Batik Mantika Produksi kami ini tidak sekadar kostum semata, akan tetapi ada makna dan nilai filosofis  yang tinggi dalam tiap simbol yang ada,"

Lebih lanjut kepala sekolah yang memiliki visioner itu berharap kedepannya Batik Mantika dapat di terima oleh masyarakat.

Drs. Anwar SH. M. Si, dalam sambutannya mengaku bangga dengan SMKN 3 Kota Bima. 

" tidak banyak Sekolah yang merayakan hari Batik Nasional tapi SMKN 3 Kobi Malah melakukan perayaan dengan suatu terobosan yang cerdas. saya sangat apresiasi dan mendukung progres yang di lakukan Oleh kepala SMKN 3 Kobi,"

Menyoal tentang Batik mantika pria kelahiran sape itu berjanji akan mengupayakan Batik Mantika menjadi  seragam sekolah-olah yang berada di bawah naungannya.

" itu bentuk apresiasi, Batik Mantika satu satunya di NTB, dan SMKN 3 Kota Bima sudah mampu menunjukan eksistensi nya sebagai sekolah Karawi.(RED)

Related

Kabar Rakyat 8944587219049822303

Posting Komentar

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Iklan

 


Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item