Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima Monitoring Kegiatan Kasira


KABUPATEN BIMA -  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima menyelenggarakan Monitoring kegiatan  Kader Siaga Rabies (Kasira) di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima NTB Jum'at, 23 September 2022.

Kegiatan monitoring dan bimbingan teknis KASIRA dengan tema "Pertemuan Kegiatan penerapan strategi komunikasi pengendalian Rabies (kasira) di Kecamatan Sanggar Kabupaten Bima tahun 2022" ini dihadiri langsung oleh Kadis Perternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Pemdes Se Kecamatan Sanggar, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kader Rabies dan Masyarakat.

Kadis Ir.Syaifudin menjelaskan, kehadiran Lembaga Kasira ini bertujuan untuk membantu Dinas dalam hal pencegahan penyebaran penyakit Rabies.

"Kader Siaga Rabies ini diharapkan bisa membantu mengatasi keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki dinas terkait dalam pelaksanaan program pengendalian penyakit rabies di lapangan," jelasnya Kamis (23/9/2022).

Kadis Menjelaskan, Lembaga Kasira dibentuk pada tahun 2021 lalu, hadirnya lembaga tersebut, kata dia, untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat dalam hal penanganan dan  pencegahan penyebaran penyakit Rabies.

"Kasira merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dibangun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat," akunya.

Kadis memaparkan, Kasira di kecamatan sanggar merupakan kader pertama yang dibentuk oleh pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Peternakan Kabupaten Bima, bahkan kata dia, cara kerja anggota Kasira di kecamatan sanggar sudah diakui oleh Dirjen.

"Pertama kali kader rabies di KecamatannSanggar.
Penurunan kasus sudah banyak penurunan. Cara kerja laporan kerja di kecamatan sanggar sudah diakui oleh Dirjen," ungkapnya.

Kadis berharap, ketika menemukan hewan yang terjangkit penyakit Rabies, agar kiranya bisa melaporkan hal tersebut pada Dinas atau petugas di lapangan.

"Kalau ada ketemu penyakit semacam itu cepat dilaporkan ke Dinas, UPT atau pada petugas di lapangan dan segera ambil tindakan," harapnya.


Ditempat yang sama Kepala UPT perternakan dan hewan Kecamatan Sanggar, Firdaus S.Pt sangat apreasiasi langkah dilakukan oleh anggota Kasira yang bertugas dalam hal mengatasi penyakit rabies di Kecamatan Sanggar selama ini.

"Kami ucapkan terimakasih atas partipasinya anggota Kasira selama ini dalam mengatasi penyakit rabies dibeberapa Desa di Kecamatan Sanggar. 

Firdaus ucapkan terimakasih terhadap warga di kecamatan Sanggar sudah banyak membantu Dinas Peternakan memberikan informasi hewan-hewan yang terkena penyakit, serta anggota
Polri dan TNI mensosialisasikan pada masyarakat umum terkait cara penanganan dan pencegahan penyakit rabies.

"Bukan hanya kader kasira saja tapi seluruh masyarakat. Babinsa dan bhabinkantibmas bisa mensesualisasikan pada masyarakat umum," terangnya. (RED)

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 



 

 


 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item