14 Tahun Usia Kota, Warga Minta Wali Kota Bangun Pandopo

Kantor Wali Kota Bima. BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOLER/Dok
KOTA BIMA - Seorang warga Kota Bima, wanita paruh baya berinisial, Nj menjelasakan, Kota Bima yang berdiri sejak tahun 2003 lalu kondisi pembangunannya mengalami pasang surut. 

"Di tengah pembenahan infrastruktur Kota menuju kota yang maju dan modern, prosesnya kini mulai mengalami cobaan. Tiga kali banjir bandang, hampir berdampak pada 80% kondisi teritorial wilayah Kota Bima," ujar dia saat berbincang dengan Reporter Metromini, belum lama ini.

Nj mengungkapkan juga, di tengah kondisi pembangunan yang ada. Satu bangunan megah yang menyerupai gaya dan tekstur Gedung Putih berdiri megah dan kokoh di tengah pusat Kota. Kantor itu pun menjadi Kantor Wali Kota Bima saat ini. 

Dan selayaknya fasilitas untuk Kepala Daerah, sambung Nj, seorang Wali Kota, secara sah dan diatur dalam aturan, ata jabatan yang melekat difasilitai  oleh negara berbagai tunjungan baik yang sifatnya operasional dan perumahan.

Kawasan Amahami, Kota Bima. GOOGLE/www.bimacenter.com
"Usia Kota Bima sekarang sudah 14 tahun. Kantor Wali Kotanya berdiri kokoh dengan megahnya. Sementara pendopo (rumah dinas Wali Kota) nggak di bangun. Jadi penasaran. Apa alasannya???? ingin tau bangeeeeet....," ujar, Nj kepada media ini.

Dia pun menyarankan, dibanding menyewa rumah dinas Kepala Daerah dan Wakilnya oleh Pemerintah kepada rumah pribadi Wali Kota dan Wakilnya. Lebih baik dianggarkan untuk pembangunan pandopo Wali Kota, dari pada uang negara yang dibuat untuk pembangunan taman miliaran rupiah yang  kondisinya pun tak terawat saat ini, apalagi pasca dihantam banjir bandang lalu.

Sementara itu, warga Kota Bima lainnya, Aisyah yang saat ini kerja di Bali menambahkan, kondisi Kota Bima walau sepintas terlihat di dunia maya, semakin merosot dan pembangunannya hanya terlihat di kawasan pembangunan jalan yang ada di watasan wilayah pantai amahami.

Mirisnya, kata dia, di Kota Bima, 'uang' disimpan di pinggir jalan. Dan itu terlihat kaya dan sangat berbeda dengan kota-kota lain yang ada. 

"Bayangkan saja ternak di pinggir jalan negara. Sapi dan kambing yang berkeliaran di tengah kota. Bukannya itu uang yang ada di pnggir jalan," sentil dia.

Ia pun mengaku, pembangunan di Kota Bima tidak merata. Terlihat bagus di jalan utama saja. Namun, di pinggiran Kota Bima, walau sudah dilakukan pengaspalan jalan, namun kondisi ekonomi dan penderita korban banjir masih isapan jempol kabar bantuan dari pemerintah.

"Hanya jalan utama saja dibikin cantik, yang terlihat di rute-rute yang dilewati pejabat tinggi, Minggir dikit ke area pinggir, kumuh, Kota Bima masih menjadi Kota yang kumuh," ungkap dia yang menyisir wilyah perkotaan hingga ke kawasan pelosok di pasca banjir bandang Desember 2016 lalu.

Senada dengan dua sumber berita di atas. Bunda Nadhir Depottujuhenam sependapat dengan Nj.

Wali dan Wakil Wali Kota Bima bersama istri.
BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOLER/Dok
"Setuju.. Pertanyaan Yg sama ttg pendopo walikota.. Sampe kapan rumah pribadi dijadikan pendopo? Malu ih kalo ada tamu luar, ditanyain pendoponya mannaa?," ujar istri Pewarta itu.

Dan menurut Salahuddin Sangaji, model dan cara pengelolaan keuangan daerah, jika tiap tahun disisihkan untuk membangun pendopo Wali Kota, pasti sudah berdiri kokoh.

Harusnya, kata dia, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bima tidak hanya menyewa rumah pribadi mereka (Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima). Nilai sewa rumah pribadi ini, tentu sudah miliaran rupiah jika diakumulasi dari tahun ke tahunnya.

"Jika tiap tahun mulai disiapkan untuk pengadaan tanah dan membangunnya sedikit-sedikit, waktu 14 tahun semestinya tidak hanya dua rumah dinas Wali dan Wakil Wali Kota  saja yang udah berdiri kokoh. Satu perumahan dinas pun sudah dimiliki Kota Bima. Kalau nawaitu kepala daerahnya mau membangun pandopo, ketimbang nyewa tiap tahunnya," ujar warga Kelurahan Tanjung itu.

Sementara itu, pihak Pemkot Bima yang dalam hal sewa rumah dinas Wali Kota dan Wakilnya yaitu Bagian Umum setda Kota Bima, masih dikonfirmasi lanjut terkait harapan warga untuk segera dibangunnya pendopo Wali dan Wakil Wali Kota Bima itu. (RED)

Related

Pemerintahan 5651829507298384586

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item