Daftar Anggota Komisi VIII DPR Periode 2009-2014, Benarkah Semua Terima Uang Korupsi Al Quran?



Ilustrasi. GOOGLE/www.infokorupsi.com
JAKARTA – Politikus Partai Golkar Fahd El Fouz mengaku bahwa semua anggota Komisi VIII DPR RI (2009-2014) terlibat kasus korupsi pengadaan Alquran di Ditjen Binmas Islam Kementerian Agama.

Tapi, dia tidak mau merinci nama-nama yang terlibat dalam kasus korupsi tersebut. Nama Anggota Komisi VIII DPR itu hanya akan disampaikan kepada penyidik KPK saat pemeriksaan.

“Intinya saya sudah sangat kooperatif selama diperiksa. Saya mengembalikan apa yang saya terima, yang saya sampaikan sejujur-jujurnya," kata Fahd.

"Saya tidak pernah melawan segala macam. Bahkan harusnya minggu lalu saya sudah P21, sudah di buka semua. Semua yang di Komisi VIII terlibat. Semua sudah saya sebutin angka-angkanya,” kata Fahd menambahkan, sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta, Selasa (6/6/2017), dilansir dari situs www.kabarpolisi.com.

Menurutnya, semua anggota Komisi VIII DPR periode itu terlibat dalam pusaran ‎korupsi Alquran tersebut. Justru dia menantang KPK untuk membongkar keterlibatan para penikmat uang haram lainnya dalam proyek ini.

“Pak Zul (Dzulkaraen Djabar) dapat berapa, dia sudah mulai jujur. Tinggal KPK berani enggak menyelesaikan orang itu?” ujarnya.

Saat didesak siapa saja pihak lain yang turut‎ terlibat dan menikmati aliran dana haram dari proyek ini, Fahd tetap berkelit dengan alasan sudah masuk dalam materi penyidikan.

“‎Kalau soal materi penyidikan, saya tidak berani membuka karena itu rahasia. Saya hanya bisa membuka ke penyidik dan Humas KPK untuk menyampaikan itu,” jawabnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fahd berharap bahwa kasus yang menjeratnya saat ini tidak dikaitkan dan dengan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

“Teman-teman wartawan, kalau yang lama di sini tahu kalau yang membongkar kasus korupsi Alquran ini adalah saya. Saya buka terang-benderang. Tolong, mohon saya jangan dikaitkan dengan apa pun. Apa saya sebagai kader Golkar dikatakan dekat dengan Ketua Umum Golkar. Itu hubungan saya dengan Ketua Umum adalah hubungan hierarki organisasi, tidak ada hubungan bisnis apa pun,” ujar dia seperti yang dikutip banyak media.

Tersangka KPK,Fahd El Fouz aterjerat kasus suap pengadaan Alquran. GOOGLE/wwwbreakingnews.co.id
“Tidak ada hubungan bisnis apa pun, demi Allah. Tujuh turunan saya tidak selamat ke bawah dan tujuh ke atas saya tidak selamat kalau saya ada hubungan bisnis,” sambungnya.

Dalam kasus ini, negara ditaksir mengalami kerugian sebesar Rp3,4 miliar. Fahd disangkakan pasal 12 huruf b jo pasal 18 UU No 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo pasal 65 KUHP dengan ancaman pidana seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Sementara itu, KPK telah resmi menetapkan Fahd sebagai tersangka ketiga pada tanggal 27 April 2017 lalu. Diduga Fahd menerima hadiah atau janji pengurusan anggaran dan/atau pengadaan kitab suci Alquran pada APBN-P 2011 dan APBN 2012 serta pengadaan laboratorium komputer MTs TA 2011 di Kementerian Agama.

Informasi yang dihimpun redaksi Metromini. Komisi VIII DPR periode 2009-2014 yang membidangi masalah agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan, yang saat skandal korupsi Alquran terjadi dipimpin oleh Abdul Kadir Karding dari Fraksi PKB sebagai ketua.

Berdasarkan penelusuran Metromini yang dilansir dari situs www.rimanews.com, berikut daftar anggota Komisi VIII 2009-2014, yang berasal dari 10 fraksi:

Fraksi Partai Demokrat
Gondo Radityo Gambiro
Nurul Iman Mustofa
Adji Farida Padmo Ardan
Syofwatillah Mohzaib
Ratu Siti Romlah
Inggrid Maria Palupi Kansil
Imran Muchtar
M Syaiful Anwar
Amin Santoso
Mahrus Munir
As’ad Syam
Anita Yacoba Gah
Muhammad Baghowi

Fraksi Partai Golkar
Chairun Nisa
Sajed Zakaria
M Ade Surapriatna
Zulkarnaen Djabar
Tetty Kadi Bawono
Budi Supriyanto
Muhammad Lutfi
Muhammad Oheo Sinapoy

Fraksi PDIP
Adang Ruchiatna Puradiredja
Mh Said abdullah
Theodorus J Koekerits
Bahrudin Syarkawie
Rukmini Buchori
Zainun Akhmadi
Ina Ammania
Hayu R Anggara Shelomita

Fraksi PKS
Yoyoh Yusroh
Iskan Qalba Lubis
Nur Hasan Zaidi
Rahman Amin
Jazuli Juwaini

Fraksi PAN
Ibrahim Sakty Batubara
Abdul Rozaq Rais
Ratu Munawwaroh Zulkifli

Fraksi PPP
Hasrul Azwar
Muhammad Arwani Thomafi
KH Asep Ahmad Maoshul Affandy
Zainut Tauhid Sa’adi

Fraksi PKB
Abdul Kadir Karding
Alamudin Dimyati Rois
Abdul Hamid Wahid
Fraksi Gerindra
Saifuddin Donodjoyo
Lukman Hakim

Fraksi Hanura
Fauzi Achmad

(RED | WWW.KABARPOLISI.COM | WWW.RIMANEWS.COM)

Related

Politik dan Hukum 2718993214519116418

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

 


SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item