Lewat Sehari Pemburuan, Tahanan Lapas Bima (Mustamin) Belum Ditemukan

Screenshoot berita soal pelarian Mustamin, warga binaan di Lapas Raba Bima, Rabu, 14 Juni 2017 malam lalu. METROMINI/Dok
KOTA BIMA - "Selalu saja ada yang terjadi pertengahan Ramadhan seperti ini," cetus Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Raba-Bima, Kepala H. A. Khalik, S.Sos, Rabu, 14 Juni 2017 malam lalu, saat kaburnya seorang tahanan bernama, Mustamin.

Helo, biasa Kalapas itu disapa menceritakan, sekitar sebulan yang lalu, Mustamin atau Rizal (nama panggilannya) dititpkan oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejati) Raba-Bima di Lapas atau Rutan Bima. Mustamin adalah residibis dan kembali tersangkut kasus pencurian sepeda motor yang tengah menjalani waktu masa persidangannya.

Rabu malam itu, kata Helo, seorang tahanan (Mustamin) asal Desa Soki, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima kabur dari tahanan. Pelaku memanfaatkan waktu sholat isya dan taraweh berjamaah para warga binaan yang ada dalam Lapas. 

Diceritakannya, tahanan itu disel Blok A kamar nomor 11. Sekitar pukul 19.30 WITA, petugas dan warga binaan sedang sholat Isya dan taraweh berjamaah. Saat itu, Mustamin sembunyi di WC sel. Saat dicari petugas, ternyata keluar dengan cara merayap dan mencongkel atap kamar. Kemungkinan Mustamin turun di belakang kamar nomor 13.

Lanjut Helo, kemudian Mustamin merayap naik di kamar 8 bagian belakang. Sejurus kemudian melompati tembok hingga melarikan diri yang jejaknya masih diburu.

"Prosedur pelaporan ke Kantor Wiayaha tentang tahanan yang kabur, apabila yang bersangkutan tidak ditangkap dalam waktu 1 x 24 jam. Karena sudah lewat waktunya, soal kaburnya tahanan atas nama Mustamin ini sudah kami laporkan ke pimpinan di Kanwil-Mataran," ujar dia kepda media ini. 

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Raba-Bima, Kepala H. A. Khalik, S.Sos. GOOGLE/www.kahaba.net
"Mustamin merupakan tahanan kasus Curanmor. Baru dititip Kejari Bima satu bulan lalu. Tahanan ini merupakan tahanan residivis dalam kasus yang sama," tambah Helo sembari mengaku akan tetap memburu si Mustamin ini. 

Secara terpisah, Kasi Pidum Kejari Bima, Rhonald Thomas Mendrofa yang dihubungi sudah mendapatkan informasi kaburnya tahanan titipan Kejaksaan di Rutan Bima. Namun, belum memdapatkan kepastian informasi lebih rinci kaburnya pelaku.

"Iya kabarnya begitu mas, saya juga baru dengar tapi belum konfirmasi dengan pihak rutan," jawabnya singkat, kutip dari www.kahaba.net. (RED | WWW.KAHABA.NET)


Related

Politik dan Hukum 4297397732842220302

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan pembahasan tulisan.

emo-but-icon

SPONSOR

join

FANSPAGE METROMINI

METROMINI VIDEO

Arsip Blog

Ikuti Tweet Metromini

item